Nurses are the Heart of Healthcare

Nurses are the Heart of Healthcare

Senin – Selasa tanggal 9 dan 10 Desember 2013, STIKES Telogorejo mengadakan sharing nursing dengan Direktur Perguruan Tinggi Perawat Penang, Kementerian Kesehatan Malaysia Ibu Dermawan Md. Ismail dari Malaysia. Seminar tersebut dihadiri oleh Ketua dan pembantu Ketua STIKES Telogorejo, Direktur beserta staff perwakilan dari Rumah Sakit Telogorejo dan dosen STIKES Telogorejo Semarang.

Pada kesempatan itu, Ibu Dermawan menceritakan tentang sejarah perawat di Malaysia, dimana pertama kali berdiri di Perguruan Tinggi Perawat yang terletak di lantai satu Rumah Sakit Maternitas Penang pada tanggal 1 Maret 1947. Pada kesempatan itu juga dijelaskan pendidikan perawat di Malaysia yang meliputi Tata Kelola dan Manajemen, Sumber Daya Program, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Kebijakan penerimaan, Penilaian mahasiswa, Evaluasi program dan kegiatan Peningkatan Berkesinambungan. Sebagai informasi menurut beliau perawat Malaysia dapat diterima diluar negeri yaitu adanya Registrasi Nasional, Kurikulum yang baik, Demonstrasi kompetensi inti yang baik dan kemampuan teknik serta  perawat Malaysia dikenal komunikatif  dan terpercaya.  Selain itu juga beliau juga berpesan bahwa sebagai dosen/staf pengajar harus memberi semangat dan keceriaan kepada mahasiswa. Motto yang selalu Ibu Dermawan pakai adalah Happy teacher as Happy Student.

Pada kesempatan berikutnya beliau menjelaskan tentang Praktek Klinis dan Manfaatnya, Teori Praktek Dikotomi, Layanan kemitraan, Kesempatan untuk pendidikan dan Ketenagakerjaan di Malaysia.
Diakhir seminar Ketua STIKES Telogorejo mengucapkan terima kasih kepada Ibu dermawan yang telah berbagi/sharing tentang pendidikan keperawatan di Malaysia, semoga hal terbut dapat memberikan tambahan dan wawasanbagi staf pengajar STIKES Telogorejo Semarang.