Softskill Semester I Prodi DIII Kebidanan STIKES Telogorejo Tahun 2014

Softskill Semester I Prodi DIII Kebidanan STIKES Telogorejo Tahun 2014

Sesuai dengan program Millenium Development Goals 2015 pemerintah melakukan berbagai program yang antara lain adalah menurunkan Angka Kematian Ibu dan Kematian Bayi, kesetaraan gender dan Pemberdayaan perempuan.  Pelayanan kebidanan  saat ini masih dirasakan  belum mampu menurunkan angka kematian ibu dan anak.  Bidan saat ini masih menghadapi berbagai tantangan antara lain tingginya angka kematian ibu dan anak. Keadaan ini menjadi tantangan bagi Institusi pendidikan tenaga bidan untuk berjuang memperbaiki  dan meningkatkan kompetensi peserta didik sehingga lulusannya mampu memenuhi harapan masyarakat.

Profil lulusan Program Studi DIII Kebidanan STIKES Telogorejo diharapkan mampu berperan sebagai  Care provider (Pemberi Pelayanan Asuhan Kebidanan) yaitu seseorang yang memiliki kemampuan dalam memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistic dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi. Selain itu juga diharapkan mampu berperan sebagai Communicator (Komunikator) yaitu seseorang yang memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan pasien , keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain.

Untuk mencapai  kompetensi seperti diatas, maka STIKES Telogorejo berupaya mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menekankan pada pengembangan Kepribadian Individu mahasiswa yang dikemas dalam bentuk Program Soft Skill yang terstruktur dan terprogram. Program ini menjadi bagian penting  dalam proses pembelajaran mahasiswa. Untuk melengkapi  Program studi DIII Kebidanan STIKES Telogorejo mengadakan kegiatan softskill untuk mahasiswa DIII Kebidanan semester I yang diikuti 139 mahasiswa di Wisma Nazaret Semarang. Kegiatan softskill ini terbagi dalam 3 gelombang, Gelombang I dilaksanakan pada tanggal 2-3  Januari 2014, Gelombang II dilaksanakan pada tanggal 4 – 5 Januari 2014 dan Gelombang III dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 januari 2014. Sebagai nara sumber dalam kegiatan ini adalah dosen Bimbingan Konseling Bpk. Drs Budi Agustriono MH.Kes bersama Team, yang didampingi oleh Dosen Prodi D III Kebidanan.
Tujuan dari kegiatan softskill kali ini adalah agar mahasiswa dapat :

  1. Membentuk perilaku dan memiliki kepribadian yang bertanggung jawab dan percaya diri
  2. Berkomunikasi dan berkoordinasi serta berkerjasama dengan pasien,keluarga dan masyarakat  serta teman sejawat dengan baik
  3. Menjadi pribadi yang mandiri, disiplin, jujur, antusias, bersikap asertif, beretika, bersemangat, memiliki empaty, peduli dan menghargai orang lain
  4. Memiliki kemauan untuk membantu orang lain dengan tulus dan ramah
  5. Berpikir kritis, teliti dan analitikal dalam setiap menghadapi masalah
  6. Mampu mengambil keputusan dengan tepat dan dapat menyelesaikan masalah

Sedangkan metode yang digunakan dalam kegiatan tersebut diantaranya studi kasus, diskusi, tanya jawab, simulasi, bermain peran, bermain game dan ceramah. Setelah kegiatan tersebut berakhir para mahasiswa berharap program softkill ini bisa dilanjutkan terus menerus setiap tahunnya dengan materi-materi yang lebih bermanfaat lagi bagi mahasiswa.  Berikut beberapa testimoni dosen pembimbing konseling dan mahasiswa setelah mengikuti program softsill ini.
“Perjumpaan selalu membawa kesan dan pesan indah, karena disana ditemukan pesona pribadi.
dosen Bimbingan Konseling Drs Budi Agustriono MH.Kes

“Selama mengikuti softskill bisa mendapatkan banyak pengalaman yang berharga dan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan juga hubungan dengan orang lain, saya menjadi mengerti bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan sesame teman, bagaimana bisa menghargai teman.
Dalam softkill ini saya juga banyak belajar kerjasama tim,  keuletan, kekompakan, ketenangan, kesabaran, pengendalian diri, kepemimpinan. Materi-materi yang disampaikan dalam softskill juga sangat bermanfaat untuk pembentukan karakter kita. Sebagai seorang mahasiswa, sebagai seorang anak dan teman. Mahasiswa DIII Kebidanan Semester I