Mahasiswa Berikan Penyuluhan Tentang Hipertensi

SEMARANG – Satu lagi penyuluhan yang diberikan oleh mahasiswa Profesi Ners Stikes Telogorejo, Semarang, yakni tentang hipertensi. Seperti yang sebelumnya, penyuluhan itu juga dilakukan di Kelurahan Bongsari, Semarang Barat, Minggu (26/4/2015).

Fani Aji selaku koordinator kegiatan tersebut menjelaskan bahwa penyuluhan mengenai hipertensi itu merupakan penyuluhan keenam, dengan tema-tema yang berbeda. “Kegiatan ini diawali dengan melakukan pemeriksaan tekanan darah, yang dilanjutkan dengan senam lansia. Penyuluhan dilakukan setelah semua lansia mengikuti senam,” terang dia.
Lebih lanjut, dia memaparkan bahwa tujuan diadakannya penyuluhan tersebut yakni untuk memberikan pengetahuan kepada lansia mengenai tekanan darah tinggi, atau hipertensi. “Juga tentang cara pencegahannya,” imbuh dia.
Riyanto (65) selaku Ketua RW II Kelurahan Bongsari menyampaikan apresiasinya kepada semua mahasiswa yang berusaha dan telah berhasil mengajak semua warga lansia untuk bersama-sama belajar mengenai penyakit hipertensi.
“Berdasarkan hasil dari pengkajian yang dilakukan, penyakit hipertensi merupakan penyakit peringkat pertama di kelurahan ini. Jadi, kami menyambut baik adanya penyuluhan ini,” terangnya.
Mareta Vega, selaku narasumber dalam acara tersebut, yang juga merupakan mahasiswa dari Stikes Telogorejo, menjelaskan tentang siklus penyakit hipertensi. Selanjutnya, dia memberikan pula cara pencegahan agar tidak terkena penyakit tersebut.
Pada akhir kegiatan, Prasetyo Ardhy perwakilan dari mahasiswa memberikan bibit tanaman tomat kepada warga yang berada di wilayah tersebut. Secara simbolis diberika kepada Nunuk, kader kesehatan di wilayah RW II.
“Itu dilakukan sebagai wujud perhatian dan dukungan kami. Melalui hal tersebut diharapkan dengan bibit tersebut warga mampu membudayakan hidup sehat,” terang Prasetyo.

Sumber : http://www.rakyatjateng.com/mahasiswa-berikan-penyuluhan-tentang-hipertensi