Mahasiswa Profesi NERS Stikes Telogorejo Ajak Perangi Narkoba

SEMARANG, RAJA – Dalam rangka memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, mahasiswa Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Telogorejo, Semarang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah memberikan penyuluhan kepada remaja warga Kelurahan Bongsari, Semarang Barat.

Acara yang berlangsung Sabtu (18/4) sore itu dibuka langsung oleh Sekretaris Kelurahan Bongsari Drs Hendro. Acara tersebut dihadiri oleh tidak kurang dari 150 remaja dengan penuh antusias. Dalam sambutannya, Drs Hendro menekankan kepada para remaja untuk menjahui dan tidak sekali-kali mencoba barang haram yang bernama narkoba.

Dalam presentasinya, Sardianto S Psi selaku penyuluh dari BNN Provinsi Jawa Tengah mengatakan bahwa narkoba sudah merambah ke segala usia. Mulai dari anak SD sampai mahasiswa, dari masyarakat biasa hingga kalangan pejabat dan pengusaha.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan semua remaja memiliki pengetahuan yang cukup tentang narkoba dan bahayanya. Sehingga semua remaja dapat lebih waspada dalam penyalahgunaan narkoba,” tuturnya.

Lebih lanjut, narasumber juga menjelaskan bahwa rasa ingin tahu yang besar dari para remaja untuk mencoba, untuk bersenang-senang, serta untuk bisa diterima dalam satu komunitas menjadi penyebab utama terjadinya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Dan, dia berharap agar para remaja tidak sampai terjerumus pada hal-hal semacam itu hanya karena ingin dianggap ‘jagoan’ oleh teman-temannya.

Meski listrik sempat padam pada saat jalannya acara, namun kegiatan ini berlangsung meriah dan interaktif. Hal itu dibuktikan dengan antusiasme para remaja untuk bertanya langsung kepada narasumber mengenai narkoba dan penyalahgunaannya. Tak hanya para remaja, tapi para orang tua, ibu-ibu kader kesehatan juga antusias untuk bertanya.

Di akhir acara, Noorman Fanni selaku moderator acara mengajak kepada seluruh peserta untuk menggaungkan slogan sebagai komitmen untuk melawan narkoba “Jiwa Muda Sehat, Anti Rokok, Anti Narkoba, YES, YES, YES !!!

Sumber : http://www.rakyatjateng.com/mahasiswa-profesi-ners-stikes-telogorejo-ajak-perangi-narkoba