Menulis Itu Sulit Bagi Yang Tidak Pernah Menulis

Menulis Itu Sulit Bagi Yang Tidak Pernah Menulis

Hari ini 23 Juli 2018, STIKES Telogorejo Semarang mengadakan workshop penulisan artikel popular, dengan nara sumber Bpk Abduh Imanulhaq, S. IP., dari harian TRIBUN Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen STIKES Telogorejo Semarang, bertempat di ruang Aula STIKES Telogorejo lantai 4, kegiatan dimulai pukul 10.00 dan acara dibuka oleh Puket I Bidang Akademik, Ibu Ners Ismonah, M.Kep.,Sp.MB.

Sesuai dengan Visi STIKES Telogorejo adalah : “Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan terdepan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dengan memberikan pendidikan kesehatan terbaik untuk masyarakat”. Dengan adanya artikel atau tulisan tentang kesehatan dan dibaca oleh masyarakat luas, maka diharapkan masyarakat bisa paham dan tahu tentang kesehatan yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari sehingga masyarakat akan berperilaku dan berpola hidup sehat, sehingga kualitas hidup masyarakat akan meningkat. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada seluruh dosen tentang penulisan artikel popular, yang akhirnya membudayakan para dosen untuk gemar menulis artikel kesehatan dan dipublukasikan kepada masyarakat umum

Dijelaskan oleh Bpk Aim bahwa “menulis itu mudah, ide banyak didapatkan dari kejadian dan fakta di sekitar kita, saat ini masyarakat lebih banyak tertarik untuk membaca artikel-artikel di bidang kesehatan maka dari pertemuan ini diharapkan akan lahir banyak tulisan – tulisan yang dapat dimuat di harian Tribun Jawa Tengah ”, Terkait dengan ide dijelaskan bahwa ide adalah aktivitas berpikir dan berbicara melalui tulisan, ide lebih mudah membicarakan sesuatu yang digemari dan dipahami, untuk membiasakan dalam mengembangkan ide diharapkan agar satu tulisan setiap hari apapun temanya, lebih lanjut dikatakan pula “Jangan mengganggu waktu luang untuk menulis tapi luangkanlah waktu untuk menulis”

Inti materi dalam acara workshop ini adalah langkah – langkah penulisan artikel popular yang terdiri dari : mencari ide, menentukan topik, merumuskan tesis, menetapkan judul, membuat kerangka karangan, dan mencari referensi. Acara workshop diakhiri dengan foto bersama antara dosen STIKES Telogorejo dengan nara sumber. Rencana tindaklanjut kegiatan workshop ini adalah penulisan satu artikel popular bagi seluruh dosen yang akan dimuat di harian Tribun Jawa Tengah. “Selamat menulis ya Ibu-Ibu Dosen dan Tetap Semangat” . – Ismonah