sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

Pelatihan Preseptorship Untuk RSUD dr. R. Soetrasno

Hari ini STIKES Telogorejo Semarang melaksanakan pelatihan preseptorship terhadap 34 orang pembimbing klinik di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pembimbing klinik dalam melaksanakan pembelajaran klinik. Preseptorship merupakan metode untuk mengorientasikan perawat baru atau peserta didik dalam memasuki lapangan kerja, terhadap tanggung jawab asuhan pasien melalui hubungan antara seorang staf perawat dengan seorang perawat baru atau peserta didik, preseptorship juga merupakan metode pembelajaran yang sifatnya individual dimana setiap mahasiswa dibimbing oleh seorang preseptor sebagai role model dan sumber informasi dalam praktek sehari-hari. 

Acara diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kasie litbang dan diklat, Bapak Supriyo SKM., M.Kes. mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pembimbing klinik, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik dalam segi kualitas dan kuantitas. Kegiatan dilanjutkan dengan pre test dan materi untuk hari pertama adalah kurikulum pendidikan keperawatan, tatanan klinik RS sebagai lingkungan belajar dan pelayanan keperawatan, konsep dan penerapan pembelajaran klinik, menciptakan lingkungan dan suasana pembelajaran klinik, dan interaksi peserta didik dan pembimbing klinik.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi, simulasi dan role play pembelajaran klinik, serta micro teaching. Hari selanjutkan para peserta akan melaksanakan praktik di lahan klinik guna menerapkan proses pembelajaran klinik kepada mahasiswa secara langsung. Pada kesempatan itu pembimbing klinik akan menerapkan seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran klinik. Acara pelatihan berjalan dengan lancar dan peserta tampak semangat dan antusias dalam mengikuti pelatihan, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan aktif berdiskusi. “Tetap Semangat Para Pembimbing Klinik di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, dan Selamat Mengikuti Pelatihan”

Ditulis oleh : Ismonah

Related Posts

Arsip Informasi