Peringati Hari Kartini dengan Senam Lansia Sehat

SEMARANG – Dalam rangka memeringati Hari Kartini, mahasiswa Profesi Ners Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Telogorejo, Semarang, mengadakan senam Lansia Sehat. Acara yang diadakan pada Selasa (21/4/2015) itu diikuti oleh semua warga lanjut usia (lansia) yang berada di wilayah Kelurahan Bongsari serta para mahasiswa Stikes Telogorejo yang sedang melakukan Praktek Stase Komunitas di sana.
Prasetyo Putra, salah satu mahasiswa Stikes Telogorejo, yang juga terlibat dalam acara itu menjelaskan bahwa selain untuk memeringati Hari Kartini, acara itu juga dilakukan untuk bisa memberikan manfaat kesehatan bagi kaum lansia yang berada di wilayah Kelurahan Bongsari.

“Kegiatan ini dilangsungkan dalam rangka memeringari Hari Kartini. Selain itu juga untuk menjaga kesehatan serta kebugaran lansia. Kami, para mahasiwa amat peduli dengan kesehatan kaum lansia,” terang dia. Dirinya menambahkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan bahwa semangat lansia dalam memeringati Hari Kartini tidak pudar. Meski usia semakin bertambah, namun semangat harus jalan terus. Dan, semangat tampak melalui keantusiasan mereka dalam mengikuti senam.
“Kobarkan semangat Kartini,” begitulah kata Ibu Agung, selaku instruktur senam yang sangat lincah dan mempunyai dedikasi tinggi terhadap kesehatan lansia. Dia tidak henti-hentinya menyemangati para lansia yang turut hadir dan mengikuti senam sehat tersebut. Setelah melakukan senam selama kurang lebih 60 menit, warga lansia beserta mahasiswa Profesi Ners Stikes Telogorejo mengadakan upacara untuk memeringati Hari Kartini. Dalam sambutannya, Lukas (70) selaku pembina upacara, menengaskan pentingnya komunikasi antar generasi.
“Komunikasi sangatlah penting untuk menjaga keharmonisan antargenerasi,” tuturnya. Di akhir sambutannya, dia mengajak semua partisipan untuk melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan R.A Kartini. Selain itu, dia juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk selalu menjaga semangat perjuangan.

Sumber : http://www.rakyatjateng.com/peringati-hari-kartini-dengan-senam-lansia-sehat