Upacara Pemasangan Kap Profesi Dan Ucap Janji Mahasiswa Prodi D3 Kebidanan D3 Keperawatan Stikes Telogorejo Semarang tahun 2018

Upacara Pemasangan Kap Profesi Dan Ucap Janji Mahasiswa Prodi D3 Kebidanan D3 Keperawatan Stikes Telogorejo Semarang tahun 2018

Semarang,-  Bertempat di Gedung Auditorium STIKES Telogorejo Semarang, Kamis 5 Juli 2018 Program Studi D3 Kebidanan dan D3 Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang melakukan pemasangan kap profesi dan ucap janji mahasiswa tahun 2017/2018. Pemasangan kap profesi ini dilakukan secara simbolis oleh Ketua Stikes Telogorejo Semarang dr. Murti Wandari, M.Kes.

Tujuan pemasangan kap profesi ini adalah agar mahasiswa dapat menjunjung tinggi nilai-nilai profesi keperawatan maupun kebidanan, menjalankan praktek sesuai standart Profesi dan Kode Etik Keperawatan dan Kebidanan, mengaplikasikan teori dalam memberikan asuhan keperawatan dan kebidanan. Selain itu mahasiswa juga diharapkan dapat menjiwai dan meneladani semangat Florence Nightingale sehingga memiliki rasa tanggung jawab, disiplin, kreatif, inovatif, rasa empati, saling menghormati dan menghargai.

Dalam sambutannya  Ketua STIKES Telogorejo Semarang, dr. Murti Wandrati, M.Kes mengatakan ucap janji bukan hanya sekedar suatu momen akademis, namun juga merupakan suatu momen spiritual bagi para mahasiswa yang dengan sadar, bertanggung jawab menyatakan bahwa dalam menjalankan semua tugas berkaitan dengan studinya akan senantiasa menjunjung tinggi etika, patuh pada hukum, perundangan yang berlaku, serta menghormati hak-hak pasien dan keluarganya. Beliau juga memohon kepada segenap dosen pembimbing klinik, untuk tidak membiarkan para mahasiswa menimba ilmu dan pengalaman klinik secara tidak terkoordinasi, karena konsekuensi yang akan dihadapi sungguh berat.

Beliau juga menghimbau untuk selalu ingat pada 4 norma dasar etik dalam melakukan tindakan dan mengambil keputusan dalam hidup, yaitu asas berbuat baik, tidak merugikan/membahayakan orang lain (pakailah asas kecermatan dan kehati-hatian, kejujuran serta kesetiaan), menghormati autonomy pasien dan asas keadilan dalam memberikan pelayanan seperti apa yang sudah dilafalkan dalam janji.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh penampilan Paduan Suara Melodi STIKES Telogorejo dengan judul lagu Lilin-lilin Kecil dan Cublak-Cublak Suweng. Pada kesempatan itu pemeran Florence Nightingale adalah Nahiya Adlina Meisita yang merupakan lulusan D3 Kebidanan STIKES Telogorejo yang saat ini telah bekerja di Dinas Kesehatan Kota Semarang. (By Admin)