Gentle Birth, Siapa Takut Melahirkan…

Oleh : Ajeng Maharani Pratiwi
Dosen STIKES TelogorejoSemarang

Sebagian besar  wanita menganggap melahirkan adalah proses yang menakutkan, bahkan bisa menimbulkan trauma bagi wanita itu sendiri, karena rasa yang sakit dan prosesnya yang lama. Tapi tidak dengan gentle birth, apa itu gentle birth? Gentle birth adalah suatu proses persalinan normal yang tenang, lembut, damai dan memanfaatkan unsur alami tubuh seorang wanita sehingga dapat meminimalisir rasa sakit pada saat persalinan.

Rasa takut dan kesakitan pada saat proses melahirkan dapat menyebabkan seorang ibu enggan melahirkan secara normal. Disini gentle birth hadir untuk mengurangi rasa takut dan keresahan yang dirasakan ibu pada saat akan menjalani proses persalinan. Rasa takut, resah dan gelisah pada saat persalinan justru akan menambah rasa sakit yang dirasakan oleh ibu. Ketakutan yang dirasakan oleh ibu pada proses persalinan dapat menyebabkan hormon stres meningkat yang nantinya akan menyebabkan membuat proses melahirkan terasa lebih sakit, tapi sebaliknya jika seorang ibu melahirkan dengan perasaan yang tenang, lembut, berfikir positif dan suasana yang damai akan bisa meminimalisir rasa takut dan rasa sakit yang dirasakan serta proses persalinan menjadi lebih lncar.

Gentlebirth bisa dilakukan dimana saja termasuk dirumah, klinik maupun di rumah sakit. Pada gentle birth,ibu bebas memilih posisi melahirkan, baik jongkok, setengah jongkok, duduk, berbaring atau posisi apapun, ia mengikuti instingnya sendiri dan posisi bayi yang sedang mencari jalan keluar. 

Saat ini, gentle birth kian populer dan  menjadi pembicaraan di forum-forum diskusi kehamilan dan melahirkan. Banyak forum yang membahas tentang gentle birth, tidak hanya pada dunia nyata tapi juga pada dunia maya, misalnya padaakun instagram @bidankita dan @iburobin dengan followers yang menurut saya banyak,yang isinya memuat informasi dan pengalaman ibu-ibu yang melahirkan dengan menjalankan gentle birth yang dapat menginspirasi para wanita khususnya calon ibu lebih dapat memahami apa itu konsep dan cara melakukan gentle birthitu sendiri. Salah seorang bidan terkenal yang mempromosikan gentlebirth adalah Robin Lim. Robin berasal dari Hawaii dan memilih menetap di Bali. Beliau kemudian mendirikan sebuah klinik bernama Bumi Sehat yang memberikan pertolongan untuk para ibu melahirkan secara alami atau gentlebirth. Para bidan di klinik itu hanya mendampingi, dan berjaga-jagajika terjadi masalah dalam proses melahirkan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk dapat melakukan Gentle Birth yaitu :menghilangkan setiap mitos, ide, keyakinan atausikap yang Anda miliki tentang kelahiran yang negatif. Karena mitos, keyakinandan sikap yang negatif justru bisa menjadi “musuh” tersendiri bagi gentle Birth; ciptakan lingkungan yang positif, menenangkan dan mendukung. Ini termasuk dimana Anda melahirkan, Siapa yang akan menolong dan mendampingi Anda, dan bagaimana cara Anda melahirkan; lepaskan diri Anda dari Kendala Waktu, pembatasan gerakan, dan kebisingan; ciptakan lingkungan kelahiran yang santai; Ini bisa lingkungan yang tenang, cahaya rendah, pemberian minyak esensial, atau hal lain yang membantu Anda bersantai;mengkomunikasikan pentingnya pengalaman kelahiran Anda ke bidan atau dokter, pasangan dan bahkan keluarga Anda; merasa percaya diri dalam kelahiran Anda, Jujurlah dalam kelahiran Anda: dengan diri sendiri dan orang lain dan jangan takut untuk mengadvokasi serta memberdayakan diri sendiri dalam menyambut proses kelahiran anak Anda (Aprilia, 2017). Jadi pada konsepnya melakukan persalinan dengan gentle birth harus dikikuti dengan niat dan kemauan serta kepercayaan yang dimiliki seorang ibu bahwa ia bisa berfikir positif dapat melahirkan secara normal dan itu adalah suatu proses alamiah, yang nantinya itu akan dapat meminimalisir rasa sakit pada saat melahirkan.