Yuk Lakukan Pijat Bayi Sendiri..

Sentuhan adalah cara yang kuat untuk menyampaikan rasa cinta bunda pada buah hati. Setiap belaian dan sentuhan bunda dapat memberikan banyak keajaiban bagi sang bayi.

Salah satu bentuk sentuhan yang dapat bunda lakukan adalah berupa pijatan. Siapa bilang kebiasaan memijat bayi itu kuno? Ternyata pijat bayi itu sangat kaya manfaatnya untuk makhluk mungil yang baru saja lahir ke dunia ini. Meskipun sang bayi tambah begitu rapuh, namun jangan takut untuk memulai memijatnya secara rutin segera setelah ia lahir.

Pada zaman sekarang ini, pijat bayi sudah semakin umum dilakukan oleh banyak orang tua. Banyak tempat-tempat baby spa dibuka yang memang sekarang ini sedang menjadi trend untuk memanjakan sang bayi. Namun, jika bunda ingin melakukan pijat bayi secara rutin dan tidak perlu mengeluarkan biaya, bunda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Memijat bayi secara rutin, dapat mempererat ikatan antara bunda dengan sang bayi. Selain itu, pijat bayi juga dapat mendorong perkembangan bayi serta membuatnya tumbuh dengan sehat dan bahagia.

Pijat bayi adalah kegiatan yang sangat menyenangkan yang membuat orang tua dapat berkomunikasi dengan sang bayi baik secara fisik maupun emosi. Sambil memijat dengan lembut, bunda  dapat mengajak bayi berbicara atau menyanyi yang biasanya akan disambut dengan tawa, senyuman atau celoteh yang menyenangkan dari sang bayi.

Ada banyak manfaat lain yang dapat dirasakan bayi secara fisik, diantaranya membantunya tidur pulas, membuatnya rileks, meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan berat badan, melancarkan pencernaan, mendukung kekuatan otot dan tulang si kecil dan masih banyak lagi. Namun, untuk mengoptimalkan manfaat yang didapat dari pijat bayi tersebut, ada beberapa hal yang perlu bunda persiapkan dan perhatikan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk sang bayi  yaitu bayi dalam keadaan sehat, tidak dalam keadaan lapar, dan bayi sudah selesai minum susu sekitar satu jam yang lalu. Sedangkan untuk bunda yang akan memijat, pastikan kedua tangan bunda sudah bersih. Sebelum memulai memijat, lepaskan semua perhiasan pada kedua tangan bunda seperti cincin dan gelang. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kuku bunda dalam keadaan terpotong pendek dan bersih agar kulit bayi tidak tergores.

Untuk yang perlu dipersiapkan adalah ruangan yang hangat dan tidak pengap agar bayi tetap merasa nyaman dan tidak kedinginan. Gunakan baby oil atau minyak telon untuk memudahkan pemijatan pada bayi, serta siapkan tempat atau alas yang rata dan empuk untuk tempat berbaring bayi, jika perlu tempatkan handuk lembut di atas alasnya.

Setelah persiapan dilakukan, mulailah untuk memijat bayi, simak ya caranya!

Memijat wajah bayi

Tekan jemari bunda dari tengah kening bayi mengarah ke pelipis dan pipi. Pijat daerah bagian atas alis dengan kedua ibu jari. Berikan tekanan lembut dengan menggunakan ibu jari, tariklah garis dari arah hidung bayi ke arah pipi. Pijatlah sekitar area mulut bayi dengan kedua ibu jari sambil membuat gerakan menarik bibir hingga membentuk senyuman. Selanjutnya, berikan pijatan lembut di sekitar rahang bawah bayi dari tengah ke arah samping untuk membuat bibir bayi membentuk senyuman.

Memijat dada bayi

Letakkan kedua tangan bunda di atas dada bayi, lakukan gerakan mengarah ke atas lalu ke samping dan kembali ke tengah dengan gerakan membentuk simbol hati. Selanjutnya, dari tengah dada bayi, buatlah arah silang dengan telapak tangan bunda menuju ke arah bahu sang bayi.

Memijat perut bayi

Letakkan kedua tangan bunda di atas perut bayi, lalu lakukan gerakan seperti mengayuh pedal sepeda , dari atas ke bawah perut. Angkat kedua kaki bayi, lalu tekan kedua lututnya secara perlhan ke arah perut. Buat gerakan melingkar secara bergantian di atas perut searah jarum jam. Rasakan gelembung angin di dalam perut bayi, dan dorong dengan jemari bunda searah dengan jarum jam.

Selain itu, gerakan memijat bayi untuk menghindari sembelit dapat dilakukan dengan gerakan “I Love You”, yaitu “I” gunakan tangan bunda untuk memijat perut bayi sebelah kiri ke arah bawah lurus seperti huruf “I”.“Love” berikan pijatan lembut membentuk huruf “L” terbalik. Pemijatan dilakukan dari arah perut bagian kanan atas, bergerak ke arah kiri atas perut dan dilanjutkan ke arah bawah perut.“You” gerakan memijat dengan bentuk huruf “U: terbalik.gerakan ini memutar setengah lingkaran membentuk huruf “U” dari perut kanan bagian bawah lalu naik ke perut bagian kanan atas, dilanjutkan dengan bergerak ke bagian atas perut kiri dan turun ke bawah di perut bagian kiri bawah.

Memijat tangan bayi

Lakukan gerakan seperti memilin untuk memijat tangan bayi mulai dari bahu hingga ke arah pergelangan tangan bayi. Lakukan gerakan sebaliknya, dari arah pergelangan menuju bahu.

Tarik jemari bayi dengan lembut menggunakan gerakan memilin. Lalu, lakukan pemijatan dengan menekankan ibu jari bunda di telapak tangan dan punggung tangan secara bergantian. Selanjutnya, lakukan gerakan seperti menggulung di tangan sampai ke arah bahu bayi.

Memijat kaki bayi

Pegang kaki bayi dengan kedua telapak tangan bunda. Dengan gerakan memilin, pijat kaki bayi dari bagian paha menuju pergelangan kakinya. Lalu, lakukan gerakan yang sama dengan arah sebaliknya. Tarik jemari kaki bayi dengan lembut menggunakan gerakan memilin. Lakukan pemijatan dengan menekankan ibu jari di telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian. Lakukan gerakan seperti menggulung di tangan sampai ke arah paha bayi.

Memijat punggung bayi

Letakkan bayi dalam posisi tengkurang dengan bantalan lembut, lalu lakukan gerakan maju mundur dengan kedua tangan bunda di punggung bayi. Lakukan gerakan meluncur dimulai dari bawah leher ke arah pantat bayi. Selanjutnya, buat gerakan melingkat dengan jemari bunda pada otot di samping tulang punggung. Untuk mengakhiri pijatan, usapkan telapak tangan bunda dari bawah leher sampai ke bawah.

Demikianlah beberapa hal seputar pijat bayi. Bunda dapat mengikuti kelas khusus pijat bayi untuk mengetahui cara memberikan pijatan yang bermanfaat bagi bayi lebih jauh. Selamat mencoba!