Pernah Coba Gurah Vagina? Cara Ampuh Mencegah Infeksi Miss V

Oleh Agnes Isti Harjanti
Dosen STIKES Telogorejo Semarang

Gurah vagina adalah perawatan dengan penguapan di daerah kewanitaan yang ramuannya disebut ratus. Ramuan ratus ini terdiri dari tumbuhan herbal, rempah dan akar tumbuh-tumbuhan seperti teh hijau, cempaka, mawar, melati, yang kemudian dikeringkan. Manfaat Gurah Vagina bukan saja membersihkan dan mengharumkan, gurah vagina juga bisa untuk menghilangkan keputihan. Asal tahu saja keputihan adalah salah satu penyebab timbulnya bau tidak sedap.Keputihan antara lain disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, dan virus.

Ada juga keputihan akibat menopause.

Keputihan yang parah diduga menjadi salah penyebab kanker rahim. Ramuan rempah-rempah untuk gurah tersebut akan mengeluarkan wewangian sampai ke dalam vagina dan merangsang daerah vagina. Melakukan gurah dengan penguap hangat tersebut akan merangsang pori-pori untuk membesar dan mengeluarkan racun serta kotoran dari dalam vagina dan menyerap aroma dari rempah-rempah tersebut. Jika ingin melakukan gurah vagina, sebaiknya melakukan massage lebih dulu sehingga tubuh akan merasa lebih rileks dan lebih bersih, lalu mandi seperti biasa. Perawatan ini harus dilakukan dalam keadaan tubuh yang bersih.Biasanya gurah vagina dilakukan sebulan sekali jika untuk perawatan saja, namun jika mengalami keputihan yang parah bisa juga dilakukan 2 minggu sekali.

Dalam ritus perawatan tubuh secara tradisional, penguapan hangat biasa digunakan untuk vagina.Meski begitu, penguapan jelas tidak efektif membunuh mikroorganisme. Penguapan ini menggunakan ramuan wewangian sehingga mengharumkan vagina, selain menghangatkan. Karena itu, selayaknya cara ini dilakukan seperti kita menggunakan parfum badan. Tidak ada alasan selain alasan kosmetik. Meski penguapan disebut sebagai salah satu cara merawat vagina, langkah ini bukan untuk mencegah penyakit, apalagi menghilangkan gangguan..

Spa Vagina ini metode perawatan alat reproduksi wanita yang menggabungkan berbagai terapi kuno. Ada teknik pengasapan atau penguapan. Ada juga teknik pijat akupresur pada seluruh tubuh dan terutama vagina.Ada juga meditasi gerak atau semacam kegel khusus untuk vagina. Cara melakukan gurah vagina yang disebut ratus adalah dengan ratus dituangkan di atas mangkuk pembakar yang dibawahnya terdapat pembakaran arang. Kemudian duduk di atas kursi berlobang yang dirancang khusus, ramuan ratus yang sudah mengeluarkan asap (dibakar) diletakan didalam kursi, sehingga uap(asap) ramuan akan menguapi kedaerah vagina, dengan mengenakan kain penutup.

Model penguapan yang diarahkan ke organ kewanitaan.

 Dapat dilakukan sekitar 15-20 menit, tergantung seberapa tahan Anda berada di atas uapnya, dan diharapkan uap tadi dapat mengeluarkan keputihan dari dalam vagina dn menimbulkan bau harum. Selain dengan cara ratus vagina, ada juga dengan menggunakan tongkat vagina. Semakin berkembangnya teknologi modern maka ada berbagai cara yang dilakukan untuk perawatan organ kewanitaan yang dianggap lebih praktis, seperti:

Tongkat Gurah Vagina

untuk memudahkan penggunaan gurah vagina maka bahan – bahan tersebut diolah dan dicetak menjadi seperti tongkat dengan panjang lebih kurang 12 cm. Selanjutnya sering disebut Tongkat Gurah Vagina (TGV). Manfaat gurah mengeluarkan lendir-lendir kotor yang merugikan mengeluarkan lendir-lendir berlebih dari sehingga menjadi bersih, bebas jamur yang mengakibatkan keputihan menjadikan lebih peret, legit, berdenyut, membuat daya cengkram otot-otot lebih kencang dan kuat kembali layaknya masih perawan sehingga mampu membuat hubungan seks tambah nikmat, mesra dan harmonis seperti penganten baru .

Cara pemakaian (dapat melakukan sendirian tanpa bantuan orang lain) :

Pegang ujung tongkat gurah vagina kemudian masukkan pelan – pelan TGV kedalam vagina Diamkan selama 2 menit (jangan lebih dari 2 menit !!).

Kemudian tarik TGV dari vagina pelan – pelan (setelah ditarik di TGV akan banyak   lendir -lendir yang menempel , itulah lendir yang kotor dan tidak bermanfaat) .

Setelah itu cuci TGV dengan air bersih.Simpan ditempat yang kering (TGV tidak perlu dijemur).

Bagi anda yang mengalami keputihan lakukan kegiatan ini 2 kali sehari pagi dan sore dengan TGV yang sama sampai sembuh dan jika hanya untuk menjaga agar vagina tetap sehat dan peret lakukan seminggu sekali Zat yang terkandung dalam clerodendron serratum akan membunuh bakteri, jamur yang ada didalam vagina. TGV dapat dipergunakan selama 1 – 2 tahun sehingga TGV dapat anda pergunakan selama diperlukan. Bagi Anda yang mengalami keputihan gunakan TGV – 2 kali sehari (pagi dan sore) sampai sembuh dan jika hanya untuk menjaga agar tetap sehat dan peret lakukan seminggu sekali.

Cairan pembersih khusus digunakan dengan cara menyemprotkannya ke dalam vagina.

Berisi bahan aktif yang mampu melumpuhkan bakteri, kuman, serta jamur.

Cairan ini bisa digunakan dalam beberapa menit.

Penggunaannya harus dengan pengawasan dokter. Karena itu, selain cairan pembilas, obatan untuk mengatasi gangguan yang ada juga akan diberikan. Tidak semua gangguan bisa diselesaikan dengan cairan ini.

Paling hanya dapat mengatasi keputihan.ladi, tidak akan mampu mengatasi penyakit kelamin, apalagi penyakit menular seksual (PMS). Penggunaan sinar laser diperlukan karena penggunaan obat pembunuh kuman di vagina biasanya butuh waktu lama, apalagi kalau terjadi resistensi obat.

Laser yang digunakan biasanya jenis level rendah atau low level laser therapy. Formulasi dari sinar inframerah clan ultra violet ini mampu membersihkan bakteri, jamur, dan virus dalam waktu relatif cepat.

Untuk gangguan ringan, penembakan biasanya dilakukan selama 15 menit sekali. Bila gangguan sudah berat, butuh puluhan menit dengan beberapa kali tembakan dalam beberapa hari.Obat juga kerap diberikan oleh dokter setelah penembakan laser. Meskipun tak sedikit yang tertarik mencobanya, gurah vagina masih diragukan banyak orang tentang efektivitasnya.

Apalagi apabila yang menanganinya jelas-jelas bukan dokter.

Tindakan gurah vaginayang kurang tepat ternyata bisa membuat semua mikrooganisme yang merugikan maupun yang normal akan mati dan hilang dari vagina. Akibatnya, vagina justru berisiko terganggu, namun apabila dilakukan dengan tepat dengan menggunakan cairan yang tidak merusak flora alam daerah kewanitaan maka mampu mencegah infeksi bahkan sekalipun seorang wanita tersebut telah terdeteksi displasia ringan, setelah dilakukan gurah hasil pengambilan jaringan dinyatakan displasia sembuh.

Dr., Mulyadi Tedjapranata, MD, dari Klinik Medizone, menyebutkan bahwa metode penggunaan terapi ozon ini layaknya menggunakan cairan pembersih. Dengan alat yang disebut vaginal insufflations, ozon dimasukkan ke organ kewanitaan dengan dosis sesuai kasus.

“Prinsipnya ozon ini berfungsi sebagai disinfektan yang bisa membunuh kuman.Tujuannya untuk mencegah masuknya kuman penyebab penyakit,” ujarnya. Dengan periode waktu tertentu pula (tergantung kasus), ozon diperlukan agar kebersihan vagina terjaga.Agar pengobatan efektif, biasanya terapi ini dikombinasi dengan obat-obatan.

Namun, ozon tidak bisa digunakan untuk mengatasi penyakit seksual atau PMS. Dan yang jelas, terapi ini harus dilakukan oleh dokter yang ahli dalam hal ini. Jika tidak digunakan secara tepat, memasukkan ozon ke organ kewanitaan hanya akan menyebabkan berkembangbiaknya bakteri yang malah merugikan vagina.

Beberapa terapi tersebut cukup aman.

“Terapi spa sebenarnya umum digunakan dalam perawatan kesehatan, hanya kali ini.khusus diterapkan untuk bagian vagina saja,” ungkap Hj. Worro Harry Soeharman, M.Ph, MKA, penggagas terapi V-spa. Kuras Vagina ini adalah pengontrolan dan pembersihan vagina sampai ke mulut serta rongga rahim. Langkah ini menjadi tindakan awal agar jamur atau kuman tidak merembet ke rongga rahim atau saluran telur, yang bisa mengakibatkan kemandulan atau infeksi yang bisa memicu kanker.

Wanita yang menderita keputihan hendaknya tidak menunda pengobatan.

Supaya tidak repot, penderita bisa mendatangi klinik semacam Klinik Pasutri atau Pusat Pelayanan Keluarga yang memberi pelayanan, mulai dari wawancara, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium, serta membersihkan vagina sampai ke rongga rahim hingga pengobatannya tuntas.

Caranya, ujung vagina sampai rongga rahim diteropong dengan speculum. Dengan alat penjepit kain kasa (gaas) yang terlebih dulu direndam dalam betadin ini, tindakan “kuras” dilakukan. Tidak perlu takut, karena tindakan ini sederhana dan ticlak menyiksa. Usai hasil laboratorium diketahui, dokter akan memberikan obat yang tepat.

Bisa berupa obat minum atau tablet yang dimasukkan ke lubang vagina. Setelah tiga bulan, pasien diharapkan kembali untuk cek ulang. Gurah vagina sebagai salah satu langkah membersihkan areal di daerah vagina makin diminati wanita. Padahal, jika dilakukan terus-menerus, gurah vagina menyebabkan infeksi karena mematikan bakteri yang berfungsi melindungi vagina.

Tak hanya gurah vagina, penggunaan parfum dan bedak di areal seputaran vagina, diakuinya, mampu menjadi pemicu timbulnya kanker ovarium.

Parfum mengandung zat kimia yang membuat alergi dan radang di daerah vagina. Berdasarkan cara pemakaian tongkat gurah vagina yang telah di paparkan dapat dilihat proses pemakaian yang kurang higienis. Hal ini dapat memicu timbulnya infeksi dan berbagai penyakit kelamin lainnya.

Penelitian yang dilakukan di Zaire melaporkan bahwa penggunaan daun-daunan, bubuk batu-batuan, bahan-bahan kimia seperti bedak, Vicks, alum, dan obat-obatan vagina serta kain yang dimasukkan dalam vagina dapat menimbulkan rasa sakit yang meningkat dan kemungkinan infeksi karena terjadinya gesekan-gesekan pada vagina yang dapat menyebabkan luka.

The National Women’s Information Centre, sebuah organisasi yang sangat gencar mempromosikan kesehatan perempuan, dikatakan bahwa secara medis sudah terbukti bahwa vagina mempunyai mekanisme untuk menjaga keseimbangan keadaan kimiawinya yang dapat membersihkan secara alamiah.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah membiarkan vagina untuk melakukan pembersihan alamiah dengan mengeluarkan sekresi-sekresi lendir. Dengan demikian vagina tidak memerlukan perawatan khusus dengan menggunakan berbagai produk khusus vagina yang diperdagangkan secara komersial.

Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2018/09/20/pernah-coba-gurah-vagina-cara-ampuh-mencegah-infeksi-miss-v