Cegah Diabetes Melitus Dengan Perilaku Hidup Sehat

Oleh Ns. Ismonah, M.Kep, Sp. MB
Dosen STIKES Telogorejo Semarang

Penyakit Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis yang menyebabkan kematian terbesar di dunia. Data terbaru WHO bahwa Indonesia menduduki peringkat keempat terbesar dalam jumlah penyandang DM di dunia, setelah India, Cina, dan Amerika Serikat. Gaya dan pola hidup yang tidak sehat saat ini menjadi faktor risiko utama meningkatnya angka kejadian DM.

Langkah utama pencegahan dan pengendalian DM, saat ini masih difokuskan pada pemahaman dan pencegahan faktor risiko DM.

Pemahaman terkait faktor risiko DM sangat dibutuhkan sebagai upaya promotif dan preventif, karena masih banyak yang menganggap bahwa riwayat keluarga dengan DM menjadi faktor yang pasti menentukan seseorang mengalami DM.

Faktor risiko terpenting yang dapat dimodifikasi untuk mengurangi risiko DM, adalah berkaitan dengan gaya dan pola hidup.

Gaya hidup tidak sehat yang dimaksud adalah jarang beraktivitas atau olah raga secara rutin, kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan yang berlebihan dan obesitas.

Himbauan  dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam pencegahan DM adalah membentuk upaya-upaya pengendalian DM.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menghimbau untuk selalu melakukan aksi CERDIK, yaitu; Cek kesehatan secara teratur untuk mengontrol berat badan, Enyahkan asap rokok dan jangan merokok, Rajin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, Diet yang seimbang dan menekan konsumsi sumber karbohidrat (gula), Istirahat yang cukup, serta Kendalikan stres dengan baik.

Tentunya upaya ini tidak luput dari kesadaran kita semua untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat agar dapat menurunkan risiko Diabetes Melitus.

Selain itu pengendalian DM juga dilaksanakan secara terintegrasi dalam program pengendalian penyakit tidak menular, dengan penerapan program PATUH, yaitu PERIKSA kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter, ATASI penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur, TETAP diet sehat dengan gizi seimbang, UPAYAKAN beraktivitas fisik secara aman, HINDARI rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya.

Sedangkan bagi penyandang DM, beberapa tindakan yang bisa dilakukan guna mencegah terjadinya komplikasi DM, adalah dengan melaksanakan pilar penatalaksnaaan DM, meliputi  pengontrolan kadar gula darah secara teratur dengan mengecek gula darah secara periodik, melakukan pengaturan pola makan dengan tepat dan memperhatikan diet yang dianjurkan; melakukan olah raga secara rutin dengan jenis dan ritme serta durasi yang teratur; minum obat yang dianjurkan secara teratur; melakukan pengontrolan dan pemeriksaan kesehatan secara berkala; pengelolaan stres dengan baik; memperhatikan pola tidur dan istirahat, serta pembatasan aktivitas fisik yang berlebihan. Dengan pengendalian yang baik, menjaga kadar gula darah berada dalam kategori normal, maka komplikasi akibat DM dapat dicegah.

Mari berperilaku hidup sehat, agar terhindar dari penyakit DM, dan bagi yang sudah menderita DM untuk tetap melakukan perawatan dan pengelolaan dengan baik agar tercegah dari berbagai komplikasi, sehingga tetap mampu melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan senantiasa produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup.(*)



Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2019/03/08/cegah-diabetes-melitus-dengan-perilaku-hidup-sehat.