Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo Peduli Konservasi Lingkungan Dan Kesehatan Masyarakat

Program  studi S-1 Farmasi  merupakan salah satu Program studi yang dikelola oleh STIKES Telogorejo yang mulai beroperasional  pada tahun 2017. Dalam rangka membina perilaku kecendekiawanan, program studi S-1 Farmasi melaksanakan  berbagai kegiatan yang dapat diimplementasikan  dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya untuk dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah menumbuhkan kepedulian mahasiswa terhadap pelestarian atau konservasi  lingkungan berupa penanaman pohon pada lahan gersang yang belum termanfaatkan oleh masyarakat di wilayah Kelurahan Tugurejo. Kegiatan ini disambut baik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang.  Kerjasama antara STIKES Telogorejo dan DLH Kota Semarang ini mendapat dukungan yang sangat  baik dari Pemeriuntah Kota semarang,  Kelurahan Tugurejo dengan segenap warganya serta unit-unit usaha yang berada di wilayah Kelurahan Tugurejo.

Kegiatan penanaman pohon ini mengambil tema “Satukan Tekad Gerakan Menanan Menuju Semarang Hebat” dilaksanakan pada Hari Jum’at  22 Maret 2019 mulai pukul 06.00. Pada kesempatan tersebut ditanam lebih kurang 400 bibit tanaman buah yaitu pohon Srikaya, Jambu, Matoa, dan lain-lain. Kegiatan diawali dengan apel bersama dengan Pembina apel Sekretaris Wali Kota Semarang. Hadir pada kegiatan ini Ketua STIKES Telogorejo beserta Pembantu Ketua dan para Ketua Program Studi, Kepala DLH Kota Semarang beserta staf, Ketua Komisi C DPRD kota Semarang, Kepala Kecamatan Tugu beserta staf, Kepala Kelurahan Tugurejo beserta staf,  dan perusahaan-perusahaan pendukung kegiatan. Sebanyak 70 orang perwakilan mahasiswa STIKES Telogorejo dari prodi S-1 Farmasi, S-1 Keperawatan dan Ners , D3 Keperawatan dan D3 Kebidanan, mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat. Dukungan penuh dari masyarakat terwujud pada kegiatan ini, di mana masyarakat mempersiapkan kegiatan dengan sangat antusias.  Siswa SD dan SMP di sekitar wilayah kegiatan juga dilibatkan pada kegiatan penanaman pohon ini. Jumlah total peserta kegiatan ini berjumlah kurang lebih 400 orang.

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh sekretaris wilayah kota Semarang, diikuti penanaman pohon oleh STIKES Telogorejo, Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang dan seluruh peserta kegiatan. Warga masyarakat meramaikan kegiatan ini dengan membuka stand-stand UMKM di sekitar wilayah penanaman pohon.

Bersamaan dengan kegiatan penanaman pohon ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyrakat, Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo menyelenggarakan kegiatan masyarakat  berupa pelayanan kesehatan dengan tema “ Edukasi Hiperglikemia dan Hipertensi oleh Apoteker kepada Masyarakat”  yang laksanakan di Balai pertemuan Kelurahan Tugurejo.  Kegiatan berupa pengukuran Indeks masa tubuh, pengukuran tekanan darah dan kadar gula darah dan dilanjutkan dengan konsultasi apoteker. Kegiatan ini melibatkan dosen prodi S-1 Farmasi dan para mahasiswa. Masyarakat menyambut baik kegiatan ini dan antusias hadir di Kelurahan  untuk mendapatkan pelayanan kesehatan ini. Pada kesemapatan ini Kepala Kelurahan Tugurejo menyampaikan terima kasih terhadap STIKES Telogorejo yang telah berpartisipasi memberikan pelayanan kesehatan kepada warga dan berharap akan berlanjut dengan kegiatan-kegiatan berikutnya. Rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dengan harapan bermanfaat untuk masyarakat sesuai dengan visi STIKES Telogorejo dan Prodi S-1 Farmasi untuk dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup manusia

Ditulis oleh : Dra. Tunik Saptawati, M.Si.Med., Apt

Leave a Reply

Your email address will not be published.