Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil, Benarkah Bikin Kulit Bayi Bersih dan Putih?

Oleh: Maya Cobalt Angio S, Dosen STIKES Telogorejo Semarang

Pasti Anda pernah mendengar salah satu manfaat air kelapa bagi ibu hamil yaitu membuat kulit bayi menjadi bersih dan putih. Pernyataan tersebut bisa saja hanya sebuah mitos atau mungkin benar adanya. Berikut akan dibahas mengenai manfaat air kelapa bagi ibu hamil.

Pertama, air kelapa membantu fungsi ginjal dengan mencegah terjadinya infeksi saluran kencing. Air kelapa bekerja seperti obat diuretik yang membantu mempercepat ibu hamil membuang air kencing. Dengan sering membuang air kencing, maka akan terhindar dari infeksi saluran kencing.

Kedua, air kelapa berfungsi sebagai sumber elektrolit tubuh. Kejadian mual muntah yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil di pagi hari dapat menyebabkan berkurangnya elektrolit didalam tubuh. Selanjutnya kondisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya dehidrasi.

Ketiga, air kelapa membantu memperlancar sirkulasi darah. Air kelapa banyak mengandung kalium yang berperan dalam pompa jantung. Dengan demikian, sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh juga akan mensuplai janin Anda.

Keempat, air kelapa membantu mengembalikan stamina tubuh. Air kelapa mengandung glukosa yang berperan sebagai sumber energi. Sehingga dengan cukupnya asupan glukosa, maka tubuh dapat melakukan aktivitas sehari – hari dengan maksimal.

Meskipun air kelapa memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, namun sebaiknya sebelum mengkonsumsi Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan. Semoga bermanfaat, ya! (*)

Sumber :http://jateng.tribunnews.com/2019/03/21/manfaat-air-kelapa-bagi-ibu-hamil-benarkah-bikin-kulit-bayi-bersih-dan-putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.