Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Fungsi Ginjal

Oleh : Danny Putri Sulistyaningrum
Dosen Stikes Telogorejo Semarang

GINJAL merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi kesehatan. Ginjal berfungsi sebagai penyaring sampah didalam tubuh dan dibuang melalui air kencing. Fungsi ginjal dapat rusak apabila seseorang sering melakukan kebiasaan buruk.

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi ginjal.

1. Menahan buang air kencing

Menahan kencing dalam waktu yang lama meningkatkan bakteri didalam saluran kencing sehingga dapat menyebabkan infeksi saluran kencing maupun infeksi ginjal.

2. Duduk lama

Duduk dalam waktu lama meningkatkanresiko terjadinya diabetes mellitus dan obesitas yang akan berdampak terhadap penurunan fungsi ginjal.

3. Jarang mengkonsumsi air putih

Kekurangan cairan dapat dilihat pada air kencing yaitu berwarna keruh atau kuning pekat. Kekurangan cairan menghambat kerja ginjal dalam membuang sampah tubuh sehingga akan menumpuk dan menimbulkan potensi masalah kesehatan. Maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih kurang lebih 2 liter setiap hari.

4. Sering mengkonsumsi garam

Konsumsi garam berlebih meningkatkan kerja ginjal yang lama kelamaan akan merusak fungsi ginjal.

5. Sering mengkonsumsi rokok, kopi, dan alkohol

Konsumsi rokok, kopi, dan alkohol menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi yang mengakibatkan tingginya beban ginjal. Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini akan merusak fungsi ginjal. Beberapa kebiasaan buruk diatas akan merusak fungsi ginjal dan meningkatkan resiko terjadinyabatu ginjal maupun gagal ginjal. Dengan mengubah pola hidup dan menghindari kebiasaan buruk akan membantu menjaga kesehatan ginjal Anda.

Sayangilah ginjal Anda! (*)

Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2019/03/28/kebiasaan-buruk-yang-dapat-merusak-fungsi-ginjal?page=all.

Leave a Reply

Your email address will not be published.