Tips Jitu Memilih Tempat Kuliah

Oleh: Arief Sulistianto
Ka. Marketing dan Kerjasama STIKES Telogorejo Semarang

ERA millenial ini banyak sekali perguruan tinggi bermunculan. Dengan menawarkan segudang fasilitas, hal ini membuat calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan lanjut meski selektif dalam memilih tempat perkuliahan yang cocok dan kedepannya dapat menghantarkan ke jenjang karier yang diinginkan.

Banyak orang tua yang hanya sekedar memberikan masukan ke anaknya bahwa pilih tempat kuliah sebatas akreditasi, gedung, bahkan sejarahnya saja tanpa melihat sisi peminatan si anak, sehingga membuat si anak nantinya tidak nyaman dalam perkuliahan karena tidak sesuai dengan peminatan yang diharapkan. Hal ini bukan berarti orang tua salah, mungkin dapat disikapi dengan pembicaraan awal (diskusi) dengan topik jurusan yang akan diambil terlebih dahulu. Dalam hal ini tidak hanya menyangkut peminataan si anak saja, melainkan pasca pendidikan juga menjadi fokus pembicaraan/diskusi.

Mengingat jika kita terpaku hanya pada pemintaan si anak saja tanpa melihat pasca kelulusan nantinya, maka bisa dipastikan karier juga akan kesulitan. Di era sekarang ini banyak sekali jurusan pendidikan yang jarang dibutuhkan dalam lingkup kerja. Kita mesti pintar dalam memilih jurusan pendidikan, sehingga selepas lulus dapat mudah dalam mendapatkan pekerjaan dan berkarier dengan baik. Pada kesempatan ini kami dapat memberikan contoh misal jurusan kesehatan, yang lebih spesifik keperawatan. Jurusan ini masih banyak dibutuhkan oleh institusi kesehatan.

Dengan adanya program jaminan kesehatan dari pemerintah, mengharuskan rumah sakit memiliki tenaga kesehatan khususnya perawat yang memadai, sehingga mau tidak mau menambah jumlah tenaga kesehatan dalam hal ini perawat sesuai kebutuhan yang ada.

Begitu pula di luar negeri.

Kebutuhan tenaga perawat saat ini cukup menjanjikan, sehingga dapat dimanfaatkan lulusan perawat di Indonesia untuk berkairer disana.

Nah, jika telah menemukan jurusan yang dianggap representatif, selanjutnya tinggal kita mengarah ke tempat studinya, bagaimana fasilitas yang diberikan, apakah menjembatani lulusan nantinya setelah selesai menempuh pendidikan, apakah laboratoriumnya lengkap, bahkan juga perlu diperhatikan tempat praktiknya, apakah mempunyai rumah sakit sendiri sebagai lahan praktik?

Untuk itu lebih selektif dalam memilih tempat kuliah sangatlah penting agar tidak kecewa setelahnya, karena dengan banyak sekali perguruan tinggi kesehatan namun tidak memiliki fasilitas sesuai harapan.

Agar tidak salah memilih perguruan tinggi dapat mencari beberapa referensi perguruan tinggi kesehatan yang ada contohnya STIKES Telogorejo Semarang.

STIKES Telogorejo Semarang merupakan perguruan tinggi kesehatan yang terdepan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dengan memberikan pendidikan kesehatan terbaik bagi masyarakat, sehingga dapat menjadi tempat perkuliahan yang representatif bagi yang ingin di jalur kesehatan.

STIKES Telogorejo Semarang memiliki 4 jurusan salah satunya keperawatan dengan jenjang D3 dan Profesi. Kesemua jenjang tersebut sangat terbuka nantinya dalam berkarier. Memang kedua jenjang tersebut berbeda, perbedaan yang mencolok pada lama studi. Jika jenjang D3 Keperawatan cukup ditempuh 3 tahun sedangkan jenjang profesi Keperawatan (Ners) ditempuh dalam waktu 5 Tahun. Mengenai fasilitas unggulan yang ada sangat representatif.

Mulai dari gedung, ruang kuliah, sampai laboratoriumnya bahkan STIKES Telogorejo telah memiliki rumah sakit sendiri yang merupakan satu naungan yayasan yaitu rumah sakit Telogorejo. Untuk keunggulan yang diminati calon mahasiswa bahwa STIKES Telogorejo Semarang memiliki fasilitas perekrutan karyawan rumah sakit.

Fasilitas ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa STIKES Telogorejo Semarang tingkat akhir dan alumni. Hal ini didasari kerjasama perekrutan karyawan antara STIKES Telogorejo Semarang dengan rumah sakit rumah sakit di Indonesia.

Tentunya yang paling utama rumah sakit kita sendiri yaitu SMC RS Telogorejo Semarang. Dengan adanya fasilitas tersebut tentunya mahasiswa tingkat akhir dan alumni STIKES Telogorejo dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan. Hal ini pastinya diidam-idamkan oleh orang tua maupun mahasiswa.

Untuk yang berminat dapat langsung mendaftar secara online di pmb.stikestelogorejo.ac.id, dan mengikuti tahapan seleksinya. (*)

Sumber :, http://jateng.tribunnews.com/2019/05/23/tips-jitu-memilih-tempat-kuliah?page=all.