Pengabdian Masyarakat Prodi S-1 Farmasi Edukasi Penggunaan Obat Pada Penderita Hipertensi

Guna meningkatkan kualitas hidup manusia melalu bidang kefarmasian, pada hari Minggu 16 Juni 2019 Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertempat di Klinik Pratama Annisa, Kelurahan Beringin wilayah Kecamatan Ngaliyan Semarang.

Hal ini sesuai dengan misi ke 3 program Studi yaitu melaksanakan pengabdian masyarakat  untuk meningkatkan kualitas manusia.

Tema yang diambil pada pengabdian masyarakat kali ini adalah Pemberdayaan Kader Kesehatan dalam Ketepatan Penggunaan Obat Hipertensi.  Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari kerjasama antara STIKES Telogorejo dengan Klinik Pratama Annisa.

Kegiatan dimulai pada pagi pukul 07.00, dibuka oleh Kaprodi S-1 Farmasi, Dra. Tunik Saptawati, Apt.,M.Si.Med., yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban akademisi , khisusnya dosen dan mahasiswa Prodi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo untuk mengaplikasikan  ilmu kefarmasian pada masyarakat.  Edukasi tentang penggunaan obat hipertensi disampaikan oleh dosen  Firstca Aulia Rachma, M.Farm, Apt. serta Ovikariani, M.Farm.,Apt. Beberapa mahasiswa juga aktif terlibat pada kegiatan tersebut dengan memberikan edukasi kepada para peserta yang berjumlah kurang lebih 40 orang. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berlangsung dialog interaktif. Pada kesempatan tersebut Program Studi juga membagian Garam rendah Natrium kepada para peserta serta memberikan penjelasan manfaat dan cara penggunaannya. Garam tersebut merupakan salah satu penunjang terapi hipertensi melalui program diet atau pola makan.

Pimpinan Klinia Pratama Annisa hadir pada kesempatan tersebut dan menyampaikan terimaksaih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo, serta berharap  akan berlanjut dengan kegiatan berikutnya.

Ditulis oleh : Dra. Tunik Saptawati, Apt.,M.Si.Med