Company Visit Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo Ke PT. Sido Muncul Tbk

Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo pada hari Kamis 20 Juni 2019, mengadakan kunjungan industri (Company Visit) ke  PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang berlokasi di Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh civitas akademika Prodi S-1 Farmasi yang terdiri dari para mahasiswa semester II dan IV, laboran dengan didampingi oleh dosen pembimbing Firstca Aulia Rachma dan Ovikariani serta  Kaprodi S-1 Farmasi Tunik Saptawati . Ketua STIKES  Swanny Trikajanti, turut mengikuti dan mengawal kegiatan tersebut  .

Kegiatan ini merupakan pembelajaran lapangan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta menambah wawasan ilmu kefarmasian khususnya yang berkaitan dengan produksi  sediaan farmasi yang berasal dari herbal. Dengan kergiatan ini mahasiswa mendapatkan pembelajaran lapangan untuk aplikasi dari  berbagai mata kuliah yang telah dipelajari di kampus seperti Botani Farmasi, Farmakognosi, Fitokimia, Mikrobiologi, Kimia, Teknologi Farmasi, serta Distribusi dan pemasaran Farmasi.

Pihak PT. Sido Muncul menyambut dan menerima dengan baik kunjungan ini. Tim kunjungan diterima oleh Bagian Humas PT. Sido Muncul, didampingi untuk melakukan tour  di lingkungan Industri . Pada kegiatan pertama diberi kesempatan untuk mengunjungi anak perusahaan PT. Sido Muncul yang menangani  produksi  ekstrak yaitu PT. Semarang Herbal Indoplant.  Bapak Faiz selaku penanggungjawab PT.SHI memberikan penjelasan secara detail tentang proses produkdi dan peralatan yang digunakan.

Kegiatan selanjutnya tim malanjutkan tour company visit untuk melihat proses-proses persiapan dan produksi PT Sido Muncul Tbk, meliputi proses penerimaan bahan, proses produksi, quality control , packaging, dengan diberikan penjelasan oleh bagian Humas Ibu Mia Maharani.

Kegiatan berikutnya kegiatan penutup berupa diskusi dan Tanya jawab yang dilaksanakan di lokasi Agro wisata PT Sido Muncul. Mahasiswa sangat antusias pada kegiatan ini dan banyak hal yang ditanyakan kepada PT Sido Muncul sehingga terjadi dialog  interaktif .

Dalam  pesan dan kesannya kaprodi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo menyampaikan terimakasih atas kesempatan kunjungan dan penerimaan yang diberikan , serta berharap akan dapat berlanjut pada  kegiatan berikutnya  berupa kerjasama dalam pendidikan dan penelitian.

Kegiatan ditutup dengan tukar menukar kenang-kenangan antara STIKES Telogorejo dengan PT. Sido Muncul yang secara simbolis diberikan oleh Ketua STIKES Telogorejo.

Ditulis oleh : Dra. Tunik Saptawati, Apt.,M.Si.Med

2 thoughts on “Company Visit Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo Ke PT. Sido Muncul Tbk

  • August 14, 2019 at 9:31 pm
    Permalink

    Selain kunjungan ke PT. Sidomuncul apakah ada kunjungan juga ke perusahaan lainnya ?

    Reply
    • August 26, 2019 at 10:12 pm
      Permalink

      Ada dik.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.