Pelatihan Dan Edukasi Pemanfaatan Bahan Alam Untuk Kesehatan di Kelurahan Purwoyoso Semarang

Program studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo kembali mengadakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat, yang kali ini ditujukan kepada kader kesehatan di wilayah Kelurahan Purwoyoso Semarang. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Senin 26 Agustus 2019 ini mengambil tema PELATIHAN DAN EDUKASI PEMANFAATAN BAHAN ALAM UNTUK KESEHATAN DI KELURAHAN PURWOYOSO SEMARANG.

Tujuan utama dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengimplementasikan ilmu dan ketrampilan kefarmasian khususnya di bidang biologi farmasi, dalam memanfaatkan bahan alam yang banyak dijumpai di masyarakat untuk diproses menjadi produk-produk yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan bernilai ekonomi.

Tim pengabdian masyarakat terdiri dari dosen Prodi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo, yaitu Firstca Aulia Rachma, M.Farm.,Apt, Ovikariani, M.Farm.,Apt serta diadampingi oleh Kaprodi S-1 Farmasi, Dra. Tunik Saptawati, Apt.,M.Si.Med.

Pada awal kegiatan ini Ketua Program Studi menyampaikan tujuan kegiatan serta ucapan terima kasih kepada Kelurahan Purwoyoso yang menyambut baik kegiatan ini. Kepala Kelurahan Purwoyoso dalam pidato pembuakaannya menyampaikan dukungan dan terima kasih kepada STIKES Telogorejo yang telah membagi ilmu dan ketrampilan tentang pemanfaatan bahan alam, khususnya TOGA kepada para kader kesehatan. Sesuai dengan program pengabdian masyarakat ini, Kepala Kelurahan meminta kepada para peserta untuk membagi pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh Tim pengabdian Masyarakat, kepada warga di wilayah kerja para kader. Hal yang sama juga disampaikan oleh PLT Kecamatan Ngaliyan, yang pada kesempatan tersebut juga tertarik dan meninjau langsung pada saat kegiatan berlangsung. Harapan yang disampaikan, kegiatan ini akan terus berkelanjutan, yang akan terus didukung, karena sudah ada MoU antara Kelurahan Purwoyoso dengan STIKES Telogorejo Semarang. Diharapkan pula dari kegiatan ini akan dapat diaplikasikan dan apabila memungkinkan dikembangkan menjadi produk-produk yang bernilai ekonomi.

Hadir pada kegiatan ini 30 orang kader kesehatan dari berbagai RW di wilayah Kelurahan Purwoyoso, FKK Kelurahan serta perwakilan Puskesmas Purwoyoso.

Para kader sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Pada kesempatan ini disampaikan edukasi tentang pemanfaatan bahan alam untuk menjaga kesehatan, serta pelatihan membuat produk-produk kesehatan yaitu Teh Roseka, Pembuatan Jahe Instan, Pembuatan Lulur, pembuatan Hand Sanitizer serta pembuatan minuman Lidah buaya.

Para kader terlihat sangat tertarik pada materi yang disampaikan, dengan banyaknya pertanyaan serta keinginan untuk mencoba membuat produk pada saat disampaikan materi. Produk-produk yang dibuat, dicoba secara langsung oleh para peserta,

Pada akhir kegitan, Ketua FKK keluarahan Purwoyoso mengucapkan terima kasih kepada STIKES Telogorejo, dan berharap di lain kesempatan diberikan pelatihan atau edukasi dengan materi yang berbeda. Para peserta menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat dan dapat  diterapkan pada masyarakat.

Ditulis oleh : Dra. Tunik Saptawati, Apt.,M.Si.Med