Company Visit Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo Ke PT. Victoria Care Indonesia Dan PT. Phapros Tbk

Pada hari selasa 26 November 2019, Program studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo mengadakan kunjungan industri ke PT. Victoria Care Indonesia dan PT. Phapros Tbk yang  berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Kunjungan industri ini diikuti oleh mahasiswa program studi S-1 Farmasi semester 3 dan 5, Laboran dengan didampingi  oleh dosen pembimbing Firstca Aulia Rachma, M.Farm.,Apt dan Ovikariani, M.Farm.,Apt serta Ketua Program Studi S-1 Farmasi Dra. Tunik Saptawati, M.Si.Med.,Apt .  

Kegiatan kunjungan industri ini merupakan pembelajaran lapangan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta menambah wawasan ilmu kefarmasian khususnya yang berkaitan dengan teknologi farmasi dan  inovasi yang telah dilakukan industri farmasi untuk memenuhi kebutuhan obat di masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini mahasiswa mendapat pembelajaran lapangan untuk implementasi  dari berbagai mata kuliah  yang telah dipelajari dikampus seperti formulasi dan teknologi farmasi sediaan cair dan semi padat, sediaan padat serta sediaan steril.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke PT Victoria Care Indonesia yang berlokasi di Kawasan Industri Gatot Subroto Semarang. Dalam kunjungan industri ini tim STIKES Telogorejo diterima dan disambut sangat baik oleh pihak PT. Victoria Care Indonesia atau yang dikenal juga dengan Omah Herborist. Pada kegiatan awal mahasiswa diajak touring di lingkungan industri untuk melihat, mengenal dan mengetahui proses produksi secara langsung dari beberapa produk kecantikan PT. Victoria Care Indonesia, mulai dari produk perawatan kulit, produk perawatan rambut, parfum dan lain-lain. Mahasiswa dijelaskan proses produksi mulai dari proses pemilihan bahan baku kemudian proses produksi hingga menjadi produk jadi yang siap dipasarkan serta penyimpanan produk dan evaluasi untuk menjamin mutu produk yang akan dipasarkan. Contoh produk PT. Victoria Care antara lain diberikan brand  “Herborist” dan  “Victoria”. Acara di akhiri dengan diskusi dan  penyerahan plakat dan kenang-kenangan dari kedua belah pihak, Lebih dari sekedar beauty care factory outlet, Omah Herborist ini mendokumentasikan sejumlah warisan sejarah herbal tradisi nenek moyang dalam sebuah museum mini  dan pemutaran film pendek. Dilengkapi dengan koleksi benda-benda kuno yang pernah menjadi saksi perjalanan waktu. Selain itu pengunjung juga bisa membeli produk Herborist.

Setelah berkunjung ke PT. Victoria Care pada pagi harinya dilanjutkan pada siang harinya dengan tetap bersemangat untuk company visit  ke PT.Phapros Tbk yang berlokasi di Jl. Simongan kota Semarang. Tim STIKES diterima dan disambut dengan begitu hangat oleh managemen PT. Phapros Tbk yang diwakili oleh Bpk Ahmadi, serta bapak Bagus dan Bapak Minan dari bagian Produksi di Ruang Avicena kemudian pembukaan dengan paparan profil  dari PT. Phapros Tbk dan Proses produksi obat-obatan non steril, hingga produksi obat-obatan sterile PT. Phapros Tbk, serta diberi pengarahan selama berada dilingkungan atau kawasan PT. Phapros Tbk.  Pada kunjungan ini, mahasiswa juga diajak berkeliling melihat berbagai aktivitas produksi obat-obatan non-steril hingga produksi obat-obatan steril produk PT. Phapros, Tbk. Gedung produksi PT. Phapros terdiri dari 3 lantai, dimana Lantai Pertama digunakan untuk memproduksi Injeksi, Syrup, dan sediaan Steril. Di Lantai 2 digunakan untuk memproduksi berbagai macam sediaan tablet (tablet biasa, tablet salut, tablet kunyah, dll) dan kapsul. Di lantai paling bawah ( Lantai 3 )digunakan untuk proses pengemasan, baik pengemasan primer maupun sekunder. Kami dibawa berkeliling gedung produksi, di sana gedung produksi untuk antibiotik ( beta lactam ) dipisah dengan gedung produksi sediaan lain. Gudang penyimpanannya ( bahan baku, produk jadi ) juga dipisah. Tujuan dipisahnya gedung beta lactam dengan gedung lain adalah agar tidak terjadi kontaminasi silang.

Setelah dibawa berkeliling gedung produksi, dilanjutkan ke tempat pengolahan limbah. Untuk pengolahan  limbah dari produk beta lactam harus dipisah guna memecah cincin beta lactam nya terlebih dahulu, setelah itu dilakukan proses sedimentasi baru kemudian diolah bersama air limbah yang lain sampai tidak mengontaminasi lingkungan. Sebelum mengakhiri kunjungan industri kami berkumpul kembali druang awal kami disambut untuk lanjut pada sesi tanya jawab terkait dari apa yang sudah didapatkan selama berkeliling melihat proses produksi PT. Phapros Tbk dan Pengolahan limbahnya. Sesi diskusi mahasiswa yang begitu aktif  berlangsung sangat antusias dan  bersemangat. Jawaban maupun penjelasan dari pihak PT. Phapros Tbk sangat bermanfaat dan dimengerti oleh semua mahasiswa, maupun laboran, dosen pembimbing serta Ketua program studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo. Mahasiswa dengan pertanyaan yang berbobot dan menarik  pada saat diskusi,  mendapatkan kenang-kenangan dari PT. Phapros Tbk, Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan dari mahasiswa dan Ketua Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo. Pada kesempatan tersebut Ketua Program Studi  menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan ilmu yang sudah didapat pada hari ini sangatlah bermanfaat, serta berharap dapat berlanjut dengan adanya kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian serta pemberdayaan lulusan. Kegiatan kunjungan industri ditutup dengan penyerahan plakat dan kenang-kenangan secara simbolis dari Ketua Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo kepada PT. Phapros Tbk.

Kegiatan kunjungan ke PT Phapros Tbk ini selanjutnya akan menjadi agenda tahunan Program Studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo.