Expert Lecture STKES Telogorejo Semarang- Centro Escolar University Phillipines “Empowering of Community Organizing and Medication Safety Practices”

Dalam rangka peningkatan pemahaman pengetahuan dan wawasan ilmu pengetahuan bagi civitas akademika , STIKES Telogorejo menggelar “Expert Lecture” yang bertajuk “Empowering of  Community Organizing and Medication Safety Practices” .  Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at 29 Nopember 2019 di auditorium lantai IV STIKES Telogorejo.

Pada kesempatan tersebut dihadirkan dua pembicara internasional dari Centro Escolar University  (CEU) Filipina  yaitu Cresencia Manalastas Santos, BSN, MAN, DNS, Head of Nursing Department CEU serta Prof. Regina Jazul, Rph.,M.S.Ph.,CPS , Head of Pharmacy Department CEU.

Kegiatan berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00. Materi ilmu keperawatan yang disampaikan adalah Theoretical Concepts and Practice of Community Organizing”. Dr. Cresencia Santos dalam kuliahnya memaparkan tentang pentingnya pengorganisasian masyarakat untuk  praktik komunitas di keperawatan. Berbagai hal yang harus dipelajari dan dimiliki oleh professional keperawatan untuk dapat diimplementasikan daam keperawatan komunitas. Ditampilkan juga pada kesempatan tersebut video praktik keperawatan komunitas yang dilakukan oleh mahasiswa keperawatan CEU.

Prof. Regina memberikan materi tentangPharmaceutical care  and Medication Safety Practices”. Pada kesempatan tersebut dipaparkan tentang pengertian dan praktik Pharmaceutical care, masalah-masalah yang sering terjadi yang mengakibatkan outcome terapi menjadi tidak optimal,  upaya-upaya untuk memperbaiki kualitas pengobatan yang optimal serta faktor-faktor penyebab terjadinya medication error. Guna mendapatkan outcome terapi yang optimal diperlukan komunikasi dan kolaborasi antara farmasis dengan prefesional kesehatan lain seperti dokter dan ners.

Sejumlah 400 mahasiswa dan dosen STIKES Telogorejo dari Prodi S1 keperawatan , S1 Farmasi, D3 keperawatan, D3 Kebidanan dan S1 Kebidanan sangat antusias mengikuti kegiatan expert lecture tersebut. Terjadi dialog interaktif antara peserta dengan narasumber. Beberapa mahasiswa memberikan umpan balik berupa pertanyaan-pertanyaan yang dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber.

Pada akhir kegiatan dilakukan penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua STIKES Telogorejo kepada kedua narasumber.

Kegiatan expert lecture ini merupakan implementasi dari MoU antara STIKES Telogorejo dengan Centro Escolar University. Selanjutnya pada hari yang sama dilakukan diskusi untuk implementasi MoU berikutnya di mana direncanakan kemungkinan dilaksanakannya program join degree dan credit transfer antara CEU dengan STIKES Telogorejo.