Kuliah Sehari Program Studi S1 Farmasi

Kuliah Sehari Program Studi S1 Farmasi

Program studi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo Semarang , menggelar acara Kuliah Sehari bagi siswa-siswa SMA/SMK pada hari Sabtu 29 Februari 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan ilmu dan profesi kefarmasian  kepada para siswa SMA, sehingga menumbuhkan minat dan wawasan yang lebih luas tentang kefarmasian.

Kegiatan ini dilaksanakan dilaksanakan di ruang teater lantai 6 gedung baru STIKES Telogorejo, yang diikuti oleh sekitar 70 peserta yang merupakan siswa SMA/SMK di kota Semarang dan sekitarnya.

Kuliah sehari tentang kefarmasian ini meliputi materi “Introduction of Pharmacy “ yang diberikan oleh Kaprodi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo, Dra. Tunik Saptawati, Apt.,M.Si.Med, kemudian dilanjut dengan praktikum di 4 laboratorium farmasi yang berada di lantai 8 , dengan dibimbing oleh para dosen S1 Farmasi , Firstca Aulia Rachma,M.Farm.,Apt., Ovikariani, M.Farm.,Apt dan Fransisca Gloria, S.Farm.,Apt, dibantu oleh para mahasiswa Prodi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo semester 2 dan 4.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Pada kuliahnya Kaprodi memberikan materi tentang pengenalan ilmu farmasi meliputi ruang lingkup ilmu farmasi serta peran profesi farmasi bagi masyarakat luas. Diharapkan dengan penyampaian materi ini para peserta mendapatkan gambaran tentang kefarmasian serta berminat untuk menjadi seorang professional farmasi.

Guna mendapatkan gambaran yang lebih nyata tentang ilmu farmasi, para peserta diberikan kesempatan untuk belajar praktikum farmasi  di laboratorium yang berada di lantai 8 gedung  STIKES Telogorejo. Perkuliahan praktikum farmasi diberikan di empat laboratorium farmasi yang ada meliputi laboratorium farmasetika, Labratorium Teknologi Farmasi, Laboratorium Kimia Farmasi serta laboratorium Biologi Farmasi. Para mahasiswa Prodi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo semester 2 dan 4 memberikan demonstrasi praktikum di masing-masing laboratorium. Pada laboratorium farmasetika meliputi peracikan pil, puyer , krim dan suppositoria. Laboratorium Teknologi farmasi diberikan demonstrasi pencetakan tablet, pembuatan hand sanitizer serta pembuatan lilin aroma terapi. Tidak kalah menariknya di laboratorium kimia farmasi para mahasiswa memberikan demo identifikasi borax dan formalin pada sampel makanan.  Pada laboratorium Biologi Faramasi  diberikan demontrasi pembuatan mintak sereh dengan cara destilasi, pembuatn ekstrak serta uji efektifitas  obat yang berkhasiat sebagai tidur menggunakan hewan uji mencit. Para peserta mengikuti kegiatan dengan penuh perhatian dan responsif  dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan perkuliahan yang diberikan.

Kegiatan kuliah sehari ini diakhiri sekitar pukul 12.30 di ruang teater dengan acara penutupan. Peserta memberikan kesan dan pesannya, di mana disampaikan bahwa  mereka sangat berkesan dengan perkuliahan ini, menambah wawasan tentang farmasi serta mengetahui bahwa sarana prasaana di STIKES Telogorejo, khususnya  Prodi S-1 Farmasi STIKES Telogorejo sangat lengkap.

Kaprodi mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan partisipasi seluruh peserta dan siap menerima ppara peserta yang akan bergabung menempuh pendidikan farmasi di STIKES Telogorejo.