CULTURAL EXCHANGE STIKES TELOGOREJO SEMARANG DENGAN CENTRO ESCOLAR UNIVERSITY FILIPINA

Dalam rangka pengembangan kegiatan akademik dan non akademik , STIKES Telogorejo Semarang menjalin Kerjasama luar negeri dengan Centro Escolar University (CEU) Malolos Filipina. Kerjasama ini  disepakati oleh kedua belah pihak sejak tahun 2020 dengan lingkup kerjasama meliputi bidang akademik yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kemahasiswaan.

Sebagai implementasi kerjasama tersebut , pada hari Sabtu 20 Februari 2021, CEU Malolos Filipina menggelar kegiatan webinar dengan topik “Stepping on The Next Level” dengan peserta Civitas akademika dari CEU dan STIKES Telogorejo. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan komunikasi antara kedua belah pihak serta saling mengenalkan budaya akademik serta kegiatan kemahasiswaan dari masing-masing institusi sehingga merupakan kegiatan “Cultural Exchange”. Kegiatan webinar ini juga mendiskusikan permasalahan-permasalahan akademik dan non akademik, dan menguatkan leadership serta moral mahasiswa  dalam memempuh kegiatan selama pandemic. Diharapkan pula melalui kegiatan ini akan mempererat hubungan antar mahasiswa dengan terbatasnya pertemuan tatap muka di antara mereka selama pandemic Covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan zoom meeting mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19.  Prof. Regina Jazul selaku Ketua Program Pharmacy and Medical Technology Department  (PMT) CEU menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan event untuk saling mengenal budaya akademik serta kegiatan-kegiatan mahasiswa di antara CEU khususnya fakultas PMT dengan STIKES Telogorejo.

Student Council dari Pharmacy dan Medical Technology CEU dalam kesempatan ini memaparkan kegiatan yang sudah dilaksanakan selama  semester satu pada tahun akademik 2020-2021 meliputi PharmTech Cup : E-sport, PharmacoMedia Summit, PMT Symposium dll . Selain itu pada kesempatan ini ditampillkan pula narasumber  Mr. Kenneth Jose Miranda untuk memberikan inspirational talk tentang Leadership dengan tema “ Academic Integrity and Leadership Competencies amidst the Pandemic”

Perwakilan mahasiswa program Studi S1 Farmasi STIKES Telogorejo pada kesempatan ini memberikan paparan tentang kegiatan mahasiswa dari awal masuk sebagai mahasiswa baru di semester satu sampai dengan sebagai mahasiswa tingkat akhir. Martin Alexander perwakilan semester 1 memaparkan tentang kegiatan matrikulasi dan pembelajaran on line. Fenny Wiji Astuti perwakilan mahasiswa semester 3 memaparkan tentang kegiatan modul softskill dan pembelajaran teori serta praktik laboratorium. Dafa Nurulita perwailan mahasiswa semester 5 mendeskripsikan tentang kegiatan pembelajaran on line dan off line  serta kegiatan ekstrakurikuler. Dan Ida Sari Dewi perwakilan semester 7 memaparkan tentang kegiatan kunjungan-kunjungan industri yang pernah dilaksanakan  serta PKL di RSJD Dr. Amino Gondohutomo  serta industry Farmasi PT Phapros Tbk.

Pada akhir paparan tim presentasi  program Studi S1 Farmasi STIKES Telogorejo menampilkan video pembelajaran Praktikum laboratorium meliputi Praktikum Anatomi Fisiologi Manusia,  Mikrobiologi, Kimia Analisis Instrumental, dan Pelayanan Informasi Obat.

Partisipan webinar sangat tertarik dengan paparan yang telah diberikan oleh tim presentasi prodi S1 Farmasi STIKES Telogorejo. Mahasiswa PMT CEU sangat terkesan dengan pembelajaran yang dipaparkan khususnya tentang pembelajaran praktikum serta kelengkapan fasilitas yang dimiliki oleh STIKES Telogorejo.

Dialog interaktif terjadi antar mahasiswa PMT CEU dan  mahasiswa Prodi S1 Farmasi STIKES Telogorejo dengan topik seputar bahasa dan budaya antar negara serta pelaksanaan proses pembelajaran. Kegiatan webinar juga diselingi dengan acara quiz tebak gambar yang menarik sehingga membuat kegaiatan menjadi semakin meriah.

Pada akhir kegiatan Kaprodi S1 Farmasi , Dra. Tunik Saptawati, Apt., M.Si.Med dan Ketua STIKES Telogorejo dr. Swanny Trikajanti W, M.Kes.,Ph.D, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak CEU yang telah menggelar kegiatan Cultural Exchange ini serta berharap di lain waktu akan berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lain yang dapat diikuti oleh kedua belah pihak. Baik CEU maupun STIKES Telogorejo berharap semoga pandemic akan segera berakhir, sehingga kegiatan-kegiatan Kerjasama akan dapat dilaksanakan secara tatap muka (off line).

Leave a Reply

Your email address will not be published.