KEBUGARAN LANSIA

Oleh : Deasy Virka Sari, S.Fis., M.Fis . Dosen STIKES Telogorejo Semarang

Lansia banyak yang kita temukan mengalami banyak perubahan seiring dengan bertambahnya usia, baik perubahan struktur dan fungsi, tubuh, kemampuan kognitif maupun perubahan status mental.struktur dan fungsi yang terus menerus mengalami perubahan pada lansia ini terjadi hamper di semua sistem tubuh. Lansia memerlukan penyesuaian terhadap beban fisik yang diberika kepadanya agar tidak menimbulkan kelelahan. Pada umumnya, kondisi fisik yang baik dapat mencerminkan penampilan dari fisik seorang lansia. Maka dari itu lansia juga butuh olahraga untuk membantu fisik lansia harus tetap bugar dan sehat.

Kebugaran adalah aktivitas olahraga yang dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan otot, serta melatih kelenturan dan keseimbangan. Maka dari itu olahraga yang efektif dapat membakar kalori dan menurunkan resiko terjadinya sejumlah penyakit.

Manfaat Olahraga bagi Lansia Apa Si ???

Seseorang yang sudah berusia lanjut dan selama ini belum perna melakukan aktivitas fisik atau olahraga rutin, tidak ada kata terlambat  untuk berolahraga mulai sekarang

  • Memperkuat sendi
  • Memperkuat otot
  • Mengurangi risiko terjadi penyakit penyerta lainnya ( jantung, struk, dan diabetes tpie 2)
  • Menjaga fungsi dan kesehatan otak agar tidak terjadi demensia kronis
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mengurang stress dan risiko gangguan mental

Olahraga apa si yang baik untuk lansia ???

  1. Bersepeda

Salah olahraga yang aman buat lansia adalah bersepeda. Bersepeda ini juga membantu meningkatkan kekuatan tulang dan sendi, serta menjaga kesehatan jantung.

  • Berjalan

Olahraga yang kedua yang aman buat lansia adalah berjalan, kenapa berjalan karena berjalan ini salah satu aktivitas fisik paling sederhana dan baik untuk lansia. Aktivitas ini dapat menambah stamina, membakar kalori berlebihan dan menguatkan otot jantung.

  • Berenang

Berenang ini olahraga ketiga yang baik untuk lansia, karena olahraga ini meningkatkan kekuatan otot dan sendi, jantung, otak, dan paru-paru.

  • Tai Chi

Olahraga tai chi ini adalah salah satu jenis olahraga yang berasal dari tiongkok. Gerakan tai chi hamper serupa dengan senam biasa, hanya saja memiliki ritme yang lebih lambat. Olahraga ini baik untuk meningkatkan kelentura, keseimbangan, dan kekuatan tubuh.

  • Latiahan keseimbangan

Memasuki lansia, tubuh lansia biasanya mengalami penurunan keseimbangan sehingga meningkatka risiko cedera. Latihan keseimbangan melatih risiko jatuh saat berjalan atau ketika melakukan aktivitas lainnya. Latihan ini dapat dilakukan dengan berdiri di atas satu kaki atau jinjit.

Baik, itulah yang bisa saya sampaikan sedikit untuk mendapat pengetahuan tentang bagaimana pentingnya menjaga kebugaran dan kesehatan saat sudah usia senja.

Semoga artikel yang saya buat bermanfaat bagi pembaca…

Selamat membaca……

Salam sehat ……. Salam sapa dari saya ……

Leave a Reply

Your email address will not be published.