EMPON – EMPON PENANGKAL CORONA

Oleh Ns. Danny Putri Sulistyaningrum, M.Kep., Sp.Kep.MB (Dosen STIKES Telogorejo Semarang)

Dewasa ini masyarakat Indonesia diharuskan untuk mampu hidup berdampingan dengan covid 19. Masyarakat diharapkan mampu melakukan rutinitas hariannya dengan menerapkan adaptasi baru melalui protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Protokol kesehatan yang terdiri dari 7M, diantaranya Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak, Makan bergizi, Mengolahragakan diri, Mengistirahatkan diri, danMendoakan diri. Selain 7M, masyarakat juga dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin maupun suplemen herbal, misalnya empon – empon.

Empon – empon adalah jenis – jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai jamu tradisional. Empon – empon yang paling mudah ditemukan diantaranya jahe, kunyit, kencur, sereh, dan temulawak. Adapun manfaatnya sebagai berikut :

Jahe, khususnya jare merah memiliki kandungan senyawa antioksidan tinggi yang mampu mencegah radikal bebas.Selain itu, kandungan anti inflamasi pada jahe merah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari virus dan bakteri pada masa pandemi covid 19.

Kunyit memiliki manfaat sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Selain itu kandungan khas pada kunyit adalah adanya imunomodulator yang berpotensi meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal virus corona

Kencur mengandung antioksidan dan antiinflamasi sama halnya dengan jahe dan kunyit dalam meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Namun kencur ini ternyata juga mengandung vitamin C yang berguna dalam menangkal virus.

Sereh merupakan salah satu jenis empon – empon yang berbentuk seperti rumput. Namun siapa yang menyangka bahwa tanaman ini mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki efek anti inflamasi, mampu menjaga sistem pencernaan dengan baik, serta mampu membunuh sel kanker.

Temulawak merupakan tanaman tradisional yang paling sering digunakan sebagai jamu. Kandungan kurkumin pada temulawak berfungsi sebagai anti virus, anti bakteri, dan anti peradangan sehingga sangat cocok dijadikan jamu di masa pandemi seperti ini.

Cara membuat minuman tradisional menggunakan empon – empon diatas sangatlah mudah. Empon – empon tinggal ditumbuk, rebus bersama air hingga mendidih, kemudian disaring. Sajikan dalam keadaan hangat, bisa tambahkan gula aren atau gula merah sesuai selera. SELAMAT MENCOBA dan TERAPKAN 7M !

Leave a Reply

Your email address will not be published.