sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

PANIK KARENA COVID-19 CEGAH DENGAN MINDFUL LIVING

Waspada Covid-19 sudah didekat keluarga dan lingkungan sekitar kita bukan, dalam pikiran kita sudah berselancar bagaimana ini kalau menimpa kita dan keluarga. Setiap hari diberikan berita pasien Covid-19 semakin mencapai rekor tertinggi. Data terakhir 14 Januari 2021 kasus positif bertambah 11.557 menjadi 869.600. Penambahan kasus di Jawa Tengah sendiri 1.497 dimana masih menduduki ranking ketiga setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Kondisi ini membuat kepanikan masyarakat, bagi masyarakat yang kena tracking karena kontak erat dengan pasien yang sudah terkonfirmasi Covid-19 harus mempersiapkan fisik dan psikisnya saat menjalani pemeriksaan baik test rapid antigen atau antibody. Gejala yang ditimbulkan setiap individu yang akan menjalan ipemeriksaan bisa mengalami tiba-tiba pusing, sakit tenggorokan, badan tidak enak bahkan bolak-balik BAK serta bisa juga perut terasa tidak enak.

Kondisi tersebut sudah menggambarkan kalau kita mengalami kondisi panik dan kecemasan sedang, kalau masalah ini tidak segera kita atasi akibat fatal yang terjadi kita bisa menjadi depresi. Belum lagi setelah pemeriksaan hasilnya reaktif berarti terpapar Covid-19, hal pertama apa yang harus dilakukan, bagaimana keluarga dan lingkungan sekitar menerima kondisi kita.

Bagaimana pengelolaan panik yang harus dilakukan ?????

Persiapkan mental kita apapun hasilnya, Langkah-langkah apa yang akan dilakukan, Ketika cemas mulai datang ambil sikap duduk siap dan Tarik nafas Panjang keluarkan secara perlahan dan percaya dengan kekuatan Tuhan yang akan memberikan perlindungan. Selanjutnya yakin bahwa reaksi kita pertama terhadap hasil yang tidak sesuai harapan akan kecewa tetapi yakin dengan kekuatan do’a kita kan baik-baik saja dan percaya yang lebih kita lakukan saat ini adalah meningkatkan imunitas kita supaya keluarga dan lingkungan sekitar kita tetap aman terjaga.

Apa itu MINDFUL LIVING ?????

Suatu rangkaian kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengatasi panik yang bisa terjadi pada keluarga dan lingkungan sekitar kita.

Langkah pertama adalah melakukan meditasi Ketika beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya misalnya saat melaksanakan sholat jangan lupa berzikir selalu meminta ampunan dan pertolongan Allah SWT.

Langkah kedua adalah meditasi nafas atau detak jantung dengan posisi duduk atau rileks setiap Tarik nafas dalam selalu meyebutkan nama Allah SWT

Langkah ketiga adalah hadir fisik dan batin selalu focus apa yang sedang dilakukan saat ini, hadir sepenuhnya dan rileks

Beberapa Langkah tersebut akan membangun emosi positif kita sehingga akan meningkatkan imunitas kita sehingga akan mempengaruhi Kesehatan.

Yang tidakkalah penting dalam tulisan terakhir kita juga harus bereaksi positif dengan cara stop berita hoak, cari berita terpercaya, sebarkan berita positif dan terakhir berikan pil semangat setiap hari secara lisan dalam tubuh kita dan keluarga serta lingkungan sekitar kita

Salam sehat salam Tangguh buat kita semua lawan Corona dengan Bahagia….

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi