Jl. Puri Anjasmoro / Jl. Yos Sudarso, Semarang, Jawa Tengah
(024) 76632823, 76632824, 76632825
humas@stikestelogorejo.ac.id

Perawat dan Peluangnya sebagai Entrepreneur

Perawat dan Peluangnya sebagai Entrepreneur

Oleh : Nana Noviada K, SE., MM – Dosen STIKES Telogorejo Semarang

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, perawat adalah orang yang bekerja sebagai tenaga kesehatan profesional yang tugasnya memberikan perawatan kepada pasien atau klien, baik berupa aspek psikologis, biologis, sosial, dan spiritual dengan mengaplikasikan proses keperawatan.

Kebanyakan lulusan keperawatan berharap untuk mendapatkan pekerjaan di rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lainnya. Namun, sayangnya seringkali ada gap antara keterampilan para fresh graduate dan harapan pemberi kerja membuat kesempatan bekerja di rumah sakit ataupun klinik menjadi tidak mudah didapatkan.

Timpangnya jumlah lulusan perawat dan posisi yang tersedia di lapangan membuat pentingnya bagi seorang perawat memiliki bekal ilmu entrepreneurship. Tidak hanya karena hal tersebut saja, tetapi juga untuk bisa memiliki kondisi finansial yang lebih baik. Pasalnya, tidak bisa dimungkiri, gaji perawat di beberapa daerah bahkan tidak selaras dengan UMP daerah tersebut.

Nursepreneurship

Tugas perawat pada dasarnya memang memberikan pelayanan dan edukasi kesehatan, walau begitu perawat sebenarnya memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis atau usahanya sendiri di bidang keperawatan tanpa meninggalkan tugas pokoknya. Menjadi seorang perawat yang menjalankan nursepreneurship berarti menjadi seorang pengusaha (nursepreneur) di bidang keperawatan yang mengintegrasikan nilai-nilai keperawatan yang dapat dipertanggungjawabkan langsung kepada klien atas usaha/bisnis yang dijalankannya.

Rio Febrian (2015), dalam bukunya yang berjudul “Nursepreneurship: Gagasan & Praktik Kewirausahaan dalam Keperawatan”, menyatakan bahwa nursepreneur adalah seorang perawat pengusaha yang dalam hal ini bekerja secara mandiri saat memberikan pelayanan keperawatan yang meliputi antara lain perawatan langsung, penelitian, pendidikan, administratif atau konsultasi dalam menciptakan bisnis/usahanya.

Peluang Usaha untuk Perawat

Ada banyak peluang usaha yang bisa dibidik di bidang keperawatan, di antaranya:

  1. Area Pelayanan Keperawatan

Pada area pelayanan keperawatan, seorang perawat dapat berperan serta sebagai penggagas ide, pengelola, pemilik saham, atau sebagai pemilik usaha. Ada banyak jenis usaha yang bisa dijalankan di area pelayanan keperawatan, contohnya saja usaha home care.

Menurut Kementrian Kesehatan, layanan home care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan juga komprehensif, yang dalam hal ini diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang memiliki tujuan untuk mempertahankan, memulihkan kesehatan, meningkatkan tingkat kemandirian, serta berusaha meminimalkan akibat dari suatu penyakit (Depkes RI, 2002).

Layanan home care ini sendiri jika dijalankan dengan baik bahkan bisa memberikan penghasilan yang jauh melebihi gaji perawat di rumah sakit. Pasien-pasien terminal yang membutuhkan perawatan paliatif juga akan sangat terbantu dengan layanan semacam ini.

Area pelayanan lain yang memungkinkan menjadi usaha perawat contohnya adalah sebagai praktisi terapi komplementer atau fisioterapis. Seorang nursepreneur di pelayanan keperawatan bisa membangun usahanya dengan membuka klinik berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain seperti dokter, apoteker, atau bidan.

  • Area Pendidikan

Ilmu pengetahuan akan selalu berkembang. Membangun sebuah usaha yang memberikan pelatihan komprehensif berkelanjutan di bidang keperawatan demi mencetak perawat berkualitas menjadi salah satu pilihan usaha.

  • Area Manajerial

Perawat yang memiliki ketertarikan dan kompetensi di bidang manajemen sumber daya manusia, khususnya keperawatan, dapat mencoba menjadi seorang konsultan. Atau bisa juga dengan membentuk firma konsultan legal keperawatan.

Tantangan Menjadi Nursepreneur

Bisnis di bidang apapun akan selalu memberikan tantangan. Apalagi ketika bisnis sudah berjalan, cobaan dan godaan akan selalu datang bergantian. Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang nursepreneur tantangan baik internal maupun eksternal adalah hal yang tak terelakkan.

Tantangan internal mencakup kecakapan pribadi Anda sendiri dalam mengelola diri. Sedangkan tantangan eksternal bicara tentang bagaimana empati dan kecakapan sosial Anda saat mengelola bisnis.

Perawat Harus Melek Entrepreneurship

Perawat adalah profesi yang mulia, tetapi tantangan zaman memang menuntut perawat untuk dapat memiliki soft skill lebih seperti entrepreneurship. Keahlian kewirausahaan akan memberikan kesempatan tambahan dalam berkontribusi di masyarakat, tentunya akan meningkatkan finansial dibanding dengan yang hanya mengandalkan gaji perawat di rumah sakit.

Konsep nursepreneurship adalah hal yang harus diketahui setiap perawat. Para nursepreneur ini akan menjadi pendukung majunya perekonomian bangsa dan tumpuan harapan baru di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.