rtp mpltoto rtp mpl toto mpltoto prediksi mpl toto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltotompltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto data cambodia ladangtoto data cambodia ladangtoto data japan data taiwan situs toto ladangtoto
sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

Oleh : Ns. Anis Ardiyanti, M.Kep – Dosen S1 – Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang

ASI merupakan nutrisi alami terbaik bagi bayi yang diproduksi oleh ibu. Ibu dapat memberikan ASI nya tanpa dibarengi makanan tambahan maupun minuman lainnya selama 6 bulan yang disebut pemberian ASI ekslusif. ASI sangat mudah didapatkan dan selalu dalam keadaan segar karena langsung diproduksi ibu saat bayi menyusu.

Bayi yang diberikan ASI mempunyai peluang lebih besar terhindar dari bakteri sehingga gangguan pencernaan tidak terjadi. Selain itu, bayi ASI sangat jarang mengalami alergi dibandingkan dengan bayi susu formula. ASI mempunyai kandungan antibodi yang tidak terdapat pada susu formula. Hal inilah yang menjadikan bayi lebih sehat karena dari awal sudah mempunyai antibodi yang diberikan ibu melalui ASI.

Manfaat ASI tidak hanya dirasakan oleh bayi, namun ibu juga merasakan manfaatnya. Ibu yang memberikan ASI kepada bayinya akan mempercepat masa pemulihan selama nifas dimana organ reproduksinya akan lebih cepat kembali seperti sebelum hamil. Selain itu, dengan meng-ASI-hi membantu kontraksi uterus sehingga kemungkinan kecil terjadi perdarahan. Pemberian ASI juga dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara dan apabila ibu memberikan ASI ekslusif dapat menunda kehamilan.

Nah, banyak bukan manfaat memberikan ASI. Jadi, yuk mom semangat untuk meng-ASI-hi ya.

Bagi ibu bekerja, jangan merasa sedih karena tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Ibu bekerja tetap dapat memberikan ASInya, hanya saja tidak secara langsung. Ibu dapat memompa ASI dimanapun ibu berada dengan cara diperah kemudian disimpan sementara di cooler bag sebelum diberikan ke bayi menggunakan botol atau juga bisa disimpan di freezer dalam jangka waktu lebih lama. Jadi, ibu bekerja tetap bisa memberikan kasih sayangnya melalui ASI kepada bayinya dengan cara ASI perah.

Interaksi ibu-bayi dan kandungan nilai gizi ASI sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem syaraf otak yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Berdasarkan hasil penelitian pemberian ASI Eksklusif memiliki kemungkinan 3 kali lebih besar bayi memiliki tingkat kecerdasan. Pemberian ASI ekslusif, selain mempengaruhi kecerdasan anak, juga dikenal ekonomis karena ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyediakan nutrisi bayi sampai berusia 6 bulan. Oleh karena itu, semua kalangan dapat meng-ASI-hi dengan bahagia karena hemat.

Produksi ASI ibu dipengaruhi beberapa hal, antara lain gizi, ketenangan jiwa dan pikiran, penggunaan alat kontrasepsi (AKDR disarankan), perawatan payudara, anatomi payudara, faktor fisiologis, pola istirahat, faktor hisapan anak atau frekuensi menyusui, berat lahir bayi, umur kehamilan saat melahirkan, merokok, serta teknik menyusui. Faktor-faktor tersebut juga perlu dukungan oleh orang-orang tersayang terutama suami agar ibu tidak merasa sendiri dan selalu bahagia. Oleh karena itu, meng-ASI-hi kunci utamanya adalah bahagia dan nyaman karena dalam memproduksi ASI, hormon yang diproduksi tubuh adalah prolaktin dan oksitosin.

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi