sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

Tips Sehat Penting agar Jadi Lansia Sehat dan Hebat

Oleh : Ns. Siti Juwariyah, M.Kep, – Dosen D3 Keperawatan STIKES Telogorejo Semarang

Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan, tidak peduli berapa pun usia Anda. Namun, ketika Anda memasuki usia lanjut (sekitar 60 tahun ke atas menurut WHO), Anda mungkin akan mulai merasakan beragam keluhan—mulai dari nyeri sendi hingga flu yang bisa berkembang menjadi komplikasi masalah pernapasan seperti pneumonia atau bronkitis. Kalau Anda punya masalah kesehatan seperti asma dan diabetes, gangguan pernapasan bisa membuat kondisi Anda makin parah.

Lebih dari sekadar mengajarkan anak-anak muda tentang bagaimana cara merawat lansia, kita juga perlu mempersiapkan diri menghadapi masa tua agar tetap fit dan mandiri. Beberapa tips kesehatan lansia berikut ini bisa membantu Anda untuk menjadi lansia sehat dan hebat!

Tetap Bergerak Aktif: Kunci Kesehatan Lansia

Aktivitas fisik mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makin banyak Anda bergerak, makin kuat kemampuan tubuh dalam melawan radang dan infeksi. Anda tidak harus melakukan aktivitas berat. Olahraga seperti bersepeda, berjalan kaki, atau aerobik ringan bisa jadi pilihan. Lakukan olahraga dengan intensitas sedang ini selama 20 sampai 30 menit per hari.

Konsumsi Suplemen Sesuai Kebutuhan

Selain olahraga, konsumsi suplemen atau multivitamin tertentu juga bisa membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Anda bisa mengonsumsi kalsium, vitamin B6, vitamin B12, atau vitamin D. Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan suplemen apa yang Anda butuhkan.

Menjaga Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat juga merupakan kunci yang penting bagi kesehatan, termasuk Anda yang sudah lansia. Diet kaya buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak bisa membantu meningkatkan imunitas serta melindungi Anda dari virus dan bakteri berbahaya.

Buah dan sayur merupakan sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga tubuh tetap sehat.

Rajin Cuci Tangan

Virus bisa menjadi sumber penyakit dan itu kerap berasal dari permukaan yang Ada sentuh. Semenjak pandemi, kita disarankan untuk membiasakan cuci tangan. Aturan ini berlaku untuk semua usia agar kita tidak mudah terpapar penyakit.

Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air hangat. Lakukan selama setidaknya 20 detik. Hindari menyentuh wajah, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan yang kotor. Jika kebetulan Anda tidak berada dekat dengan sumber air dan sabun, hand sanitizer bisa jadi opsi pengganti untuk menghilangkan kuman yang menempel di tangan.

Pelajari Cara Mengelola Stres

Ketika tubuh dalam keadaan stres, produksi hormon kortisol akan meningkat. Terlalu banyak kortisol di dalam tubuh bisa mengganggu berbagai sistem, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Untuk membantu mengurangi tingkat stres, perbanyak aktivitas fisik dan beristirahat yang cukup. Jangan membuat goal yang tidak masuk akal untuk diri sendiri. Perbanyak aktivitas santai yang menyenangkan dan menenangkan bagi diri Anda.

Istirahat yang Cukup

Kurang tidur tidak hanya akan meningkatkan level stres, tetapi juga menurunkan kemampuan tubuh untuk ‘memperbaiki’ dirinya sendiri. Oleh sebab itu, kita disarankan untuk tidur yang cukup agar kekebalan tubuh meningkat. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi tubuh Anda untuk melawan virus.

Tidur juga sangat penting seiring dengan pertambahan usia. Tidur yang cukup setidaknya 7-9 jam per malam bisa membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yang kerap memburuk saat kita menua.

Lakukan Langkah Pencegahan Penyakit pada Lansia

Pencegahan juga merupakan hal yang penting bagi lansia agar tetap sehat sepanjang tahun. Selain dengan menerima vaksinasi untuk berbagai jenis penyakit, melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk pengukuran berat badan, tekanan darah, gula darah, kolesterol total darah, hingga tes yang berkaitan dengan kondisi mental seperti Geriatric Depression Scale (tes emosional lansia), tes kemandirian, dan tes mental lansia juga perlu dilakukan secara berkala.

Dengan beberapa langkah di atas, kita semua bisa mempersiapkan diri menjadi lansia hebat dan sehat di masa tua. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Sumber:

https://www.healthline.com/health/flu/seniors-guide-to-staying-healthy
https://www.bannerhealth.com/healthcareblog/advise-me/for-seniors-a-checklist-for-good-health

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi