humas@stikestelogorejo.ac.id +62 858-7599-4522

NATURAL THERAPY  MASSAGE BABY DENGAN PIJAT BATUK PILEK (COMMOND COLD MASSAGE )

Disusun oleh Widya Mariyana,S.ST.,M.Kes Dosen S-1 Kebidanan STIKES Telogorejo Semarang

Penyakit flu disertai batuk pilek (commond cold) merupakan masalah kesehatan yang sering dialami bayi dan balita. Pendidikan tentang penanganan commond cold seharusnya diberikan sejak dini sebagai salah satu upaya preventif agar tidak berlanjut menjadi pneumonia.

Commond cold adalah bagian dari ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) hal ini di sebabkan kerena bakteri, virus, jamur dan ricketssia. ISPA merupakan penyakit yang menyerang salah satu bagian dan atau lebih dari saluran pernafasan mulai dari hidung hingga alveoli termasuk jaringan adneksanya seperti sinus, rongga telinga tenga dan pelura, gejala umumnya sering terjadi pada balita seperti demam, sesak nafas, batuk kering, sakit kepala, nyeri di seluruh tubuh, letih dan lesu, sesak nafas, batuk berlendir dan demam tinggi.

Pada musim hujan ini bayi dan balita mudah sekali terserang penayakit flu dsertai batuk pilek, gejala yang sering dialami bayi dan balita commond cold adalah bersin-bersin, hidung tersumbat, suara serak, demam, mata berair, hilang nafsu makan tetapi sangat jarang yang mengalami sesak nafas. Hal ini membuat masyarakat takut datang ke tenaga Kesehatan Ketika anaknya mengalami commond cold atau infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) non spesifik untuk mendapatkan pengobatan pengobatan secara farmakologi , sehingga beralih ke pengobatan non farmakologi.

Adapun upaya non farmakologi untuk menangani commond cold adalah melakukan pijat commond cold. Salah satu Gerakan commond cold massage tehrapy dengan menepuk-nepuk dan menggetarkan dada serta punggung untuk membawa lender kesaluran besar sehingga anak akan otomatis batuk-batuk dan lender akan keluar. Pada anak biasanya lendiar akan keluar bersama kotoran. Commond cold massage therapy sangat efektif untuk bayi atau anak yang menderita batuk pilek. Pendidikan tentang upaya non farmakologi berupa pijat commond cold untuk menanagni batuk pilek perlu diberikan sebagai salah satu usaha mandiri orang tua sebelum datang ke pelayanan Kesehatan

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi