sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

PELATIHAN BTCLS UNTUK MAHASISWA KEPERAWATAN

Kecelakaan atau bencana dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Tenaga Kesehatan sebagai lini terdepan dalam pelayanan gawat darurat harus mampu menangani masalah yang diakibatkan kecelakaan atau bencana secara cepat dan tepat.

Oleh karena itu perawat dituntut untuk memiliki kompetensi dalam mengangani masalah kegawat daruratan akibat trauma dan ganguan kardiovaskuler.

Salah satu upaya dalam peningkatan kompetensi tersebut dilakukan melalui pelatihan.

Basic Trauma Caridac Life Support (BTCLS) merupakan salah satu pelatihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardioviskuler.

Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisirkan kerusakan organ serta kecacatan penderita.

STIKES Telogorejo Semarang bekerja sama dengan PT. Smart Emergency Services Indonesia mengadakan Pelatihan BTCLS untuk mahasiswa S-1 Keperawatan dan D-3 Keperawatan pada 17 Juli 2023 samapi dengan 29 Juli 2023.

Pelatihan ini dibentuk untuk meningkatkan kompetensi perawat khususnya di bidang kegawat daruratan medis. Meningkatnya baik kualitas maupun kuantitas kegawatan yang terjadi baik kegawatan sehari-hari maupun bencana menuntut perawat harus selalu aktif dan selalu berusaha meningkatkan kemampuannya.

Pelatihan BTCLS bertujuan untuk membekali mahasiswa dan para perawat untuk menangani kegawat daruratan. Materi yang di berikan pada pelatihan ini meliputi penanganan pasien trauma, gangguan pernafasan, kegawat daruratan kardiovaskuler, RJP pada anak dan dewasa.

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi