rtp mpltoto rtp mpl toto mpltoto prediksi mpl toto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltotompltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto data cambodia ladangtoto data cambodia ladangtoto data japan data taiwan situs toto ladangtoto
sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

Disusun oleh Nana Noviada Kwartawaty, S.E., M.M ( Wakil Ketua III STIKES Telogorejo Semarang )

Metadeskripsi: Masih belum berpikir menerapkan digital marketing? Simak berbagai alasan kenapa digital marketing itu penting berikut ini!

Di tengah kemajuan teknologi yang makin pesat, dasar-dasar digital marketing adalah sesuatu yang wajib dikuasai oleh bisnis yang ingin berkembang. Ini tidak terbatas pada bisnis digital marketing saja, tetapi pada semua sektor. Apa sebenarnya digital marketing dan mengapa ini penting bagi bisnis Anda?

Digital marketing atau yang lebih dikenal dengan istilah pemasaran digital adalah seperangkat alat dan metode yang digunakan untuk menjual produk –baik barang atau jasa, secara digital. Beberapa contoh digital marketing adalah content marketing, email marketing dan social media marketing.

Lalu, mengapa digital marketing dianggap sebagai sesuatu yang penting bagi bisnis di masa kini? Simak beberapa alasannya berikut ini!

Sebagai Bentuk Digitalisasi

Digital marketing adalah salah satu cara bagi bisnis untuk go digital. Dengan pemasaran digital, Anda bisa menjangkau konsumen dari berbagai tempat tanpa batasan geografis. Anda tidak hanya bisa menjual produk atau layanan bagi orang-orang yang ada di kota Anda saja, tapi pada mereka yang ada di luar kota bahkan luar negeri.

Menjangkau Audiens Secara Tertarget

Setiap bisnis pasti memiliki target audiens ideal yang ingin mereka jangkau atau dikenal dengan istilah buyer persona. Agar promosi bisa efisien dan optimal, Anda harus menjangkau orang-orang yang memiliki kriteria yang dimiliki oleh buyer persona Anda. Mengapa? Karena mereka memiliki peluang terbesar untuk membeli produk atau layanan Anda.

Tidak seperti iklan di televisi atau billboard di jalan yang bisa dilihat oleh semua orang –yang belum tentu membeli, digital marketing memungkinkan Anda merancang iklan yang tertarget. Langsung menyasar orang yang hampir dipastikan akan membeli dari Anda.

Dengan menyasar audiens yang tertarget, Anda juga dapat membantu meminimalkan waktu dan biaya yang terkait dengan penyampaian pesan ke audiens yang tidak relevan, yang tentunya bisa mengurangi efektivitas kampanye pemasaran.

Memudahkan Tracking, Monitoring dan Optimisasi Kampanye

Ketika Anda memasang iklan di billboard, Anda tidak bisa tahu pasti seberapa efektif iklan itu. Anda tidak punya angka tentang berapa banyak orang yang melihatnya dan berapa persen orang yang membeli setelah melihat iklan Anda. Artinya, iklan seperti ini tidak bisa diukur efektivitasnya.

Berbeda dengan digital marketing, semuanya bisa diterjemahkan ke dalam angka. Berapa banyak orang yang melihat iklan Anda, berapa orang yang membeli bahkan bagaimana reaksi atau tindakan audiens setelah melihat iklan Anda juga bisa diketahui dengan jelas.

Karena kemudahan tracking dan monitoring, Anda bisa langsung tahu kampanye atau iklan mana yang efektif dan mana yang tidak. Kampanye atau iklan yang efektif bisa Anda lanjutkan. Sebaliknya, iklan yang tidak efektif bisa disingkirkan dan diganti dengan strategi lain yang lebih ampuh. Dengan cara ini, Anda bisa fokus pada sesuatu yang memang benar-benar mendatangkan keuntungan untuk bisnis Anda.

Menyediakan Pengalaman Interaksi yang Lebih Baik dengan Pelanggan

Digital marketing menyediakan ruang bagi para pemilik bisnis untuk terhubung dengan konsumennya berbagai cara. Anda bisa melakukan livestreaming untuk memperkenalkan produk baru, menjawab pertanyaan konsumen lewat kolom komentar media sosial dan lain sebagainya. Ini akan menciptakan pengalaman interaksi yang lebih baik dengan pelanggan dan pada akhirnya membuat mereka semakin loyal pada brand Anda.

Memudahkan Adaptasi dan Perubahan Strategi Jika Dibutuhkan

Karena tracking dan monitoring bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah, Anda juga bisa merespons hasilnya dengan cepat. Kalau livestreaming di Instagram kurang membawa hasil yang baik, Anda bisa beralih ke platform lain yang mungkin lebih menjanjikan. Perubahan-perubahan strategi semacam ini akan lebih mudah dilakukan jika Anda menerapkan strategi digital marketing.

Digital marketing sebenarnya bukan praktik yang baru dalam dunia bisnis. Namun, perkembangan sektor ini selalu terjadi dari tahun ke tahun. Anda mungkin akan menemukan strategi yang berbeda tahun depan. Karena itu, pastikan untuk selalu mengikuti tren terkini guna mengoptimalkan pemasaran produk Anda, ya!

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi