sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

Service Marketing: Pengertian, Karakteristik, Manfaat, dan Jenis

Disusun Oleh : Nana Noviada K., S.E., M.M ( Wakil Ketua III STIKES Telogorejo Semarang )

Meta desc: Apa yang dimaksud dengan service marketing? Apa saja karakteristik dan manfaatnya? Yuk, simak dan pelajari pembahasan lengkap service marketing di sini!

Slug: service-marketing

Service marketing atau layanan pemasaran merupakan strategi yang diperlukan untuk menarik atensi sekaligus mempertahankan pelanggan. Setiap perusahaan yang ingin berkembang perlu mempelajari dan memahami layanan pemasaran. Pasalnya, penerapan layanan pemasaran akan mendorong perusahaan lebih unggul dari kompetitor dan memperbesar peluang bisnis potensial.

Pengertian Service Marketing

Service marketing adalah kegiatan penyampaian barang maupun jasa yang dilakukan oleh perusahaan atau penyedia layanan untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan. Kegiatan pelayanan pemasaran berkaitan dengan hal-hal yang dapat menarik dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

Berbeda dengan produk pemasaran, layanan pemasaran fokus pada promosi nonfisik sembari memberikan nilai dan memenuhi kebutuhan pelanggannya. Berbekal layanan pemasaran, Anda bisa membangun kepercayaan pelanggan sekaligus menjaga bisnis tetap stabil dan bisa bersaing dengan kompetitor.

Di era modern, banyak perusahaan yang menggunakan bantuan teknologi untuk mengoptimalkan layanan pemasaran. Service marketing digital ini menyediakan layanan pemasaran online melalui website, SEO, manajemen konten, dan iklan media sosial.

Karakteristik Service Marketing

Layanan pemasaran memiliki karakteristik yang khas. Adapun karakteristik tersebut, antara lain:

●       Intangible

Layanan atau jasa tidak mempunyai bentuk fisik sehingga tidak dapat dilihat maupun dipegang layaknya sebuah produk fisik. 

●       Tidak Ada Kepemilikan

Lain halnya dengan produk fisik, layanan atau jasa tidak bisa dimiliki oleh pelanggan sekalipun mereka telah melakukan pembelian atau pembayaran. Pelanggan hanya akan memperoleh pengalaman ketika menggunakan layanan tersebut.

●       Tidak Bisa Dipisahkan

Layanan atau jasa yang dibeli oleh konsumen hanya bisa digunakan saat itu saja. Hal ini menunjukkan bahwa layanan atau jasa tidak terpisahkan dari perusahaan penyedia layanan.

●       Tidak Dapat Disimpan

Layanan atau jasa tidak dapat disimpan oleh pelanggan lantaran hanya bisa digunakan pada saat itu juga.

●       Standar Biaya

Berbeda dengan produk fisik yang memiliki harga pasti, layanan atau jasa justru tidak memiliki standar biaya. Biasanya biaya tersebut disesuaikan berdasarkan layanan dan pengalaman yang diberikan pada pelanggan. Makin baik pengalaman customer terhadap layanan yang diberikan, makin besar kemungkinan bagi pemilik layanan untuk menciptakan standar biaya sendiri.

●       Variabilitas

Kendati menggunakan layanan atau jasa yang sama, setiap pelanggan akan merasakan pengalaman yang berbeda. Hal ini terjadi karena pengalaman adalah hal yang subjektif.

●       Keterlibatan

Lantaran menawarkan layanan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, kegiatan ini tidak lepas dari keterlibatan manusia serta perkembangan teknologi. Dalam proses perencanaan dan kegiatannya, layanan pemasaran melibatkan 7P, yakni Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), Product (produk), People (manusia), Process (proses), dan Physical Evidence (bukti fisik).

Manfaat Service Marketing

Service marketing memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Memudahkan perusahaan menggapai target konsumen atau audience.
  • Membantu perusahaan melakukan customer retention (mempertahankan pelanggan).
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Mendorong perusahaan lebih kompetitif dari kompetitor.
  • Memastikan layanan atau jasa yang ditawarkan telah sejalan dengan visi misi perusahaan.

Jenis Service Marketing

Mengingat layanan pemasaran penting bagi kelangsungan bisnis Anda, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenisnya. Adapun jenis layanan pemasaran, antara lain sebagai berikut.

  • Referral – rujukan yang disebarkan dari mulut ke mulut atau melalui kode khusus untuk mempromosikan layanan atau jasa. Umumnya, kode khusus ini disebarkan melalui influencer atau selebritas populer melalui berbagai platform.
  • Edukasi Pelanggan – menjelaskan mengenai manfaat yang akan diperoleh pelanggan apabila menggunakan jasa atau layanan yang disediakan. Edukasi pelanggan bisa dilakukan dengan menulis artikel, workshop, talkshow, atau seminar.
  • Pemasaran Media Sosial – memanfaatkan dan mengoptimalkan fitur media sosial untuk membuat konten yang menarik sehingga pelanggan tertarik dengan layanan dan jasa yang ditawarkan.
  • ●       Demonstrasi – menunjukkan bagaimana cara kerja layanan dan jasa secara langsung di hadapan pelanggan dengan tujuan menarik atensi. Selain itu, cara ini efektif meningkatkan kepercayaan terhadap layanan yang ditawarkan.

Demikianlah informasi mengenai service marketing beserta karakteristik dan manfaatnya. Agar bisnis Anda lebih maju, jangan ragu untuk mempelajari dan menerapkan jenis layanan pemasaran paling tepat! Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi