rtp mpltoto rtp mpl toto mpltoto prediksi mpl toto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltotompltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto data cambodia ladangtoto data cambodia ladangtoto data japan data taiwan situs toto ladangtoto
sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

Simpan Obat di Rumah ? Ini Tips Penyimpanan Obat yang Tepat !

Oleh Apt. Ummi Kalsum, M.Farm, Dosen STIKES Telogorejo Semarang

Setiap rumah pasti memiliki obat yang disimpan secara mandiri. Penelitian terhadap 250 responden rumah tangga dewasa dari tiga kecamatan di Jakarta Utara menyimpulkan bahwa 82% rumah tangga menyimpan obat, dengan jenis obat terbanyak analgesik-antipiretik dan anti-inflamasi nonsteroid. Obat yang disimpan adalah obat etikal. Sebagian besar obat tersebut diperoleh dari apotek, dibeli tanpa resep dokter dan sengaja disimpan untuk persediaan jika sakit serta merupakan obat sisa resep. Obat yang sudah sampai ke tangan seseorang merupakan tanggung jawab orang tersebut dalam penggunaan hingga penyimpanannya. Adanya penyimpanan obat dirumah ini menggambarkan perlu adanya infomasi terkait penyimpanan obat yang tepat dirumah. Sehingga pasien-pasien berhak mengetahui cara penggunaan dan penyimpanan obat yang tepat.

jateng.tribunnews.com

Setiap obat memiliki sifat yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi kestabilan yang harus dipertahankan agar obat tersebut efektif, aman, dan berkhasiat bila dikonsumsi. Penyimpanan yang tepat merupakan cara untuk mempertahankan kestabilan obat tersebut jika sudah di tangan pasien. Setiap orang harus mengetahui bahwa jika penyimpanan obat yang tidak tepat dapat mempengaruhi kualitas obat tersebut, dari efek yang didapat tidak optimal hingga keracunan obat. Nah apakah penyimpanan obat anda dirumah sudah tepat ? Berikut tips penyimpanan obat yang tepat dirumah :

Tips 1.  Simpan semua obat di tempat yang sejuk dan kering, serta terlindung dari panas dan cahaya. Gunakan kotak penyimpanan kemudian diletakkan di rak atau lemari.

Tips 2. Simpan kapsul dan tablet diwadah tertutup rapat. Simpan suspensi oral dan obat drop anak-anak di kulkas (tapi jangan dibekukan di freezer).

Tips 3. Simpan obat yang serupa bersama-sama (misalnya obat yang memiliki efek yang sama seperti penghilang rasa sakit, antidiare dan lain-lain).

Tips 4. Simpan obat jauh dari jangkauan anak-anak seperti diatas atau didalam lemari agar tidak terlihat oleh anak-anak.

Tips 5. Singkirkan obat-obat lama. Buang semua sediaan obat yang sudah usang kemasannya. Lakukan pengecekan terhadap tanggal kadaluarsa secara berkala.

Tips 6. Jangan tinggalkan obat di meja samping tempat tidur dan tempat terbuka lainnya.

Tips 7. Tidak menyimpan terlalu banyak obat.

Tips 8. Tidak menyimpan obat yang tidak berlabel.

Tips 9. Gunakan obat sesuai anjuran dokter.

Tips 10. Tanya Apoteker cara penyimpanan obat anda

Semoga bermanfaat !

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi