rtp mpltoto rtp mpl toto mpltoto prediksi mpl toto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltotompltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto mpltoto data cambodia ladangtoto data cambodia ladangtoto data japan data taiwan situs toto ladangtoto
sekretariat@stikestelogorejo.ac.id (024) 76632823 +62 858-7599-4522

Manfaat Rekreasi Untuk Mendorong Aktivitas Fisik Lansia

Disusun Oleh : Linda Pramusinta, S.Tr.Ftr., M.Kes Dosen S-1 Fisioterapi STIKES Telogorejo Semarang

Meta desc: Benarkah kegiatan rekreasi dapat mendorong aktivitas fisik lansia? Apa saja manfaat rekreasi dan bagaimana melaksanakannya? Yuk, simak infonya di sini!

Manfaat rekreasi bagi lansia berdampak baik pada kesehatan tubuh. Sebagaimana diketahui, kehidupan lansia cenderung monoton sehingga mereka lebih cepat bosan. Tak sedikit dari mereka yang akhirnya malas melakukan aktivitas fisik. Apabila dibiarkan, mereka akan lebih mudah terserang penyakit tekanan darah tinggi, degeneratif, penurunan fungsi organ, dan nyeri sendi.

Seberapa Penting Rekreasi Untuk Lansia?

Kendati tampak sepele, rekreasi efektif meningkatkan semangat lansia. Rekreasi bisa memberikan sedikit kebahagiaan pada lansia. Mereka akan merasakan suasana baru dan kesempatan bertemu orang lain di luar lingkungan tempat tinggal. Ketika melakukan rekreasi, lansia secara tidak langsung diberi ruang untuk menikmati alam sekitar dan berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini memberi dampak positif bagi tubuh, pikiran, dan jiwa mereka.

Manfaat Rekreasi Pada Lansia

Di usia senja, lansia lebih banyak menghabiskan waktu dengan berdiam diri, tidur di siang hari, atau duduk termenung seorang diri. Kebiasaan tersebut akan mempercepat proses penurunan fungsi tubuh dan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Kegiatan rekreasi menjadi salah satu solusi terbaik untuk mendorong lansia melakukan aktivitas fisik tanpa membuat mereka merasa tertekan. Supaya lebih jelas, berikut sejumlah manfaat rekreasi untuk lansia.

Menstimulasi Otak

Kegiatan fisik sederhana, seperti berjalan atau senam terbukti mampu meningkatkan fungsi otak lansia. Di usia senja, mereka cenderung mengalami penurunan fungsi otak. Namun, kegiatan fisik yang dilakukan secara teratur efektif menstimulasi otak. Membuat mereka lebih mudah mengingat sesuatu, terampil, dan percaya diri.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Demensia tidak hanya terjadi pada memori, melainkan juga pada kepribadian dan kognitif. Kegiatan rekreasi bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif pada lansia. Mereka akan lebih mudah diajak untuk bercengkerama, mempelajari hal baru di sekitar, dan mengatasi masalah kecil.

Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Secara alamiah, koordinasi tubuh akan menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini menyebabkan lansia kesulitan menggerakan dan menyeimbangkan tubuh. Namun, penurunan koordinasi tubuh dapat diminimalisasi dengan latihan fisik secara teratur. Cara terbaik adalah dengan mengajak lansia rekreasi. Kegiatan menyenangkan ini bisa mendorong lansia lebih aktif dan banyak bergerak.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Umumnya, sebagian besar lansia mengalami kesulitan tidur. Mereka tidur lebih sedikit daripada waktu yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan karena penurunan fungsi tubuh dan melemahnya ritme sirkadian. Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan rekreasi. Rekreasi akan membuat pikiran lansia lebih tenang sehingga kualitas tidur pun meningkat.

Pelaksanaan Rekreasi Untuk Lansia

Menyadari bahwa lansia memiliki banyak keterbatasan, Anda harus bisa membantu mereka untuk tetap hidup sehat. Anda bisa bertukar pikiran dengan lansia untuk mengetahuai apa yang mereka inginkan. Selain merasa dihargai, mereka akan lebih bersemangat untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa pelaksanaan kegiatan untuk lansia harus memperhatikan kesehatan mental, fisik, dan sosial.

Rekreasi merupakan salah satu menyenangkan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat hidup lansia. Melalui kegiatan rekreasi, Anda bisa mengajak lansia untuk aktif bergerak. Mulai dari senam dengan gerakan lambat, berjalan-jalan ke taman, menikmati semilir angin pantai, kerja bakti, atau kegiatan sosial. Gunakan rute jalan yang berbeda untuk mengasah fungsi kognitif dan meningkatkan daya ingat.

Anda juga bisa membuat program rekreasi menyenangkan untuk menstimulasi otak, seperti pertandingan catur, menyusun puzzle, memecahkan teka-teki, merajut, atau berkebun. Kegiatan ini dapat menurunkan risiko demensia, mengasah kemampuan berpikir, dan meningkatkan kreativitas lansia.

Cara tersebut juga akan membuat lansia lebih bersemangat menikmati harinya. Berkat kegiatan tersebut, mereka tidak hanya duduk ataupun membuang waktu untuk termenung seharian yang berdampak pada penurunan kualitas hidup dan fisik.

Demikianlah informasi mengenai manfaat rekreasi pada lansia beserta contoh pelaksanaannya yang perlu Anda ketahui. Mulailah mengajak lansia lebih aktif dan produktif dengan kegiatan yang menyenangkan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Arsip Informasi